Manfaat Manajemen Logistik

Manfaat Manajemen Logistik

Manfaat Manajemen Logistik

Manajemen logistik adalah suatu cara bagaimana penerapan prinsip manajemen dalam pengoperasian logistik untuk menjaga jumlah persediaan. Manajemen Logistik dapat dikaitkan dengan dengan manajemen persediaan. Pengertian logistik sendiri sering diartikan sebagai pengadaan. Sehingga manajemen logistik seringkali dikaitkan dengan manajemen persediaan.

Untuk menjaga jumlah persediaan manajemen logistik sebagai pendukung dan dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahan dalam sembilan bidang yang berbeda.

 

manfaat manajemen logistik, manfaat manajemen logistik bagi organisasi, manfaat mempelajari manajemen logistik, manfaat manajemen logistik menurut para ahli

Beberapa Manfaat Manajemen Logistik Adalah sbb:

  1. Persediaan
    Melalui manajemen logistik sudah pasti persediaan yang dimiliki akan tetap terjaga. Dengan begitu kebutuhan dari perusahaan terus terpenuhi sehingga perusahaan mampu beroperasi dengan baik.
  2. Transportasi
    Fungsi dari manajemen logistik dalam bidang ini adalah sebagai penyalur barang. Oleh karena itulah, perusahaan harus memiliki layanan transportasi sendiri untuk membantu mobilitas perusahaan.
  3. Fasilitas
    Selain transportasi agar manajemen logistik dapat optimal perusahaan harus memiliki fasilitas yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan. Dengan manajemen logistik ini perusahaan akan memiliki fasilitas yang mendukung. Dengan adanya manajemen logistik maka perusahaan akan memiliki fasilitas yang mensupport.
  4. Layanan
    Layanan Costumer Service dan berbagai hal yang mencakup pelayanan terhadap customer atau pelanggan termasuk ke dalam manajemen logistik.
  5. Manajemen dan Administrasi
    Dengan menerapkan manajemen logistik maka bagian administrasi serta manajemen akan sangat terbantu. Selain karena persediaan tertata dengan rapi, pelayanan serta pencatatan informasi juga semakin teratur.
  6. Inbound Transportasi
    Inbound transportasi berkaitan dengan pergerakan barang serta bahan baku dari pemasok ke perusahaan. Dengan adanya manajemen logistik maka perusahaan akan mendapatkan pemasok terbaik yang sesuai dengan ekspektasi.
  7. Outbound Transportasi
    Saat inbound bergerak ke perusahaan maka outbond transportasi akan bergerak ke customer. Hal ini berarti adanya penyaluran barang dari perusahaan ke setiap pelanggan. Apabila manajemen logistik diterapkan maka pelayanan dan pengiriman akan terjamin dengan baik sehingga kepercayaan pelanggan akan tetap terjaga serta lancarnya transaksi yang dilakukan.
  8. Memecahkan Masalah
    Dengan memanfaatkan manajemen logistik maka perusahaan akan mampu menghadapi berbagai permasalahan yang tidak biasa. Permasalahan tersebut seperti keinginan pelanggan yang sulit untuk dipenuhi.
  9. Pemberian informasi pelanggan
    Pelanggan berhak mengetahui setiap rincian tentang pengiriman yang akan dilakukan. Dalam manajemen logistik sudah tersedia informasi yang diberikan perusahaan kepada customer terkait pengiriman. Hal ini tentunya akan membat perusahaan terhindar dari permasalahan pengiriman yang dilakukan.



 

by Maket Creator

Manajemen Logistik