Pengertian Manajemen Logistik Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Logistik Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Logistik Menurut Para Ahli

Manajemen logistik adalah salah satu aktivitas perusahaan/ kantor yang dapat menunjang kelancaran kerja serta manajemen logistik juga disebut bagian dari proses supply chain yang berfungsi untuk merencanakan, melaksanakan, mengendalikan juga dapat menunjang keefisienan dan keefektifan dalam penyimpanan dan aliran barang serta logistik terdapat pada barang yang berada pada suatu perusahaan/ kantor. (Manajemen Logistik adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan cara pengelolaan logistik.)

Aktivitas logistik mencakup (logistik fasilitas, transportasi, inventarisasi, komunikasi, pengurusan dan penyimpanan). Berdasarkan batasan tersebut dapat dinyatakan bahwa manajemen logistik juga merupakan serangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, dan pegawasan terhadap kegiatan pengadaan, pencatatan, pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan, dan penghapusan logistik guna mendukung efektifitas dan efisiensi dalam upaya pencapaian tujuan.

Manajemen logistik sangat berperan penting bagi perusahaan kantor dimana logistik berfungsi untuk membantu kelancaran pekerjaan dan kegiatan secara efektif dan efisien. Tanpa adanya logistik pekerjaan akan menjadi terhambat, mengganggu aktivias pekerjaan, jika salah satu ada yang kurang dari logistik maka akan sangat memperlambat pekerjaan dan sangat sulit dalam memperoleh sesuatu sehingga dapat menganggu pekerjaan serta berisiko besar.



Manajemen logistik sangat penting untuk dipelajari dan direncanakan, karena perencanaan lebih awal dan kedetailan yang teliti membuat perusahaan/kantor akan lebih berhati-hati untuk melakukan pemilihan dan pembelian barang. Dimana logistik bersifat membantu kelancaran pekerjaan dan mengurangi pekerjaan yang berisiko besar. Maka dari itu dalam merencanakan logistik haruslah benar-benar serius agar tidak terjadi kesalahan dan dalam mempelajarinya harus bersungguh sungguh.

Beberapa istilah logistik itu sendiri seperti peralatan, perlengkapan, perbekalan barang, material dan sarana prasarana lainnya. Oleh karena itu manajemen logistik juga biasa disebut dengan beberapa istilah lain seperti manajemen barang, manajemen material ataupun administrasi perbekalan dan administrasi material.

 

Beberapa Pengertian Manajemen Logistik Menurut Para Ahli Adalah Sbb :

  • Pengertian Manajemen Logistik menurut Donald J. Bowersox (1995), manajemen logistik merupakan aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan lokasi, fasilitas, transportasi, inventarisasi, komunikasi, pengurusan, dan penyimpanan.
  • Menurut Swasta (1990) manajemen logistik mempunyai tugas lain yaitu dengan menentukan macam sistem logistik yang dipakai, memilih logistik privat atau logistik agen, memilih jenis alat angkutan umum, mendisain organisasi logistik, menentukan logistik mix menentukan operasi gudang, menentukan operasi gudang.
  • Pengertian Manajemen Logistik menurut Swasta (1990:322), Manajemen Logistik adalah suatu tanggung jawab untuk membuat dan mengatur sistem guna mengatasi aliran bahan baku dan barang jadi.
  • Pengertian Manajemen Logistik menurut Lukas Dwiantara dan Rumsari Hadi (2004), Manajemen logistik adalah serangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap kegiatan pengadaan pencatatan, pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan dan penghapusan logistik guna mendukung efektivitas dan efisiensi dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.
  • Menurut Bowesox (2002:13) manajemen Logistik adalah unik karena ia nerupakan satu aktivitas perusahaan yang tertua tetapi juga termuda. Aktivitas logistik (lokasi fasilitas, transportasi, inventarisasi, komunikasi, dan pengurusan dan penyimpanan) telah dilaksanakan orang semenjak awal spesilisasi komersil.
  • Pengertian Manajemen Logistik menurut Subagya (1994), Manajemen Logistik adalah kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mencapai daya guna efisiensi yang optimal di dalam memanfaatkan barang dan jasa.

 

Tujuan Manajemen Logistik :

  1. Tujuan Operasional : bahwa suatu inventaris dapat dilakukan dengan jumlah dan kualitas yang tepat.
  2. Tujuan Keuangan : agar pengeluaran untuk sebuah pengadaan barang dapat dilakukan secara efisien.
  3. Tujuan Keamanan : untuk dapat menjaga dan mendukung efisiensi dan efektivitas dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

 



 

Pengertian Logistik Menurut Para Ahli adalah sbb:

  • Pengertian Logistik menurut Bowersox (2002:13) logistik merupakan proses pengelolaan yang strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan barang, suku cadang dan barang jadi dari para suplaier, di antara fasilitas-fasilitas perusahaan dan kepada para langganan.
  • Pengertian Logistik menurut Yolanda M. Siagian (2005), Logistik adalah bagian dari proses rantai suplai (supply chain) yang berfungsi merencanakan, melaksanakan, mengontrol secara efektif, efisien proses pengadaan, pengelolaan, penyimpanan barang, pelayanan dan informasi mulai dari titik awal (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dengan tujuan memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Pengertian Logistik menurut Sondang P Siagian (2003), Logistik adalah keseluruhan bahan, barang, alat dan sarana yang diperlukan dan dipergunakan oleh suatu organisasi dalam rangka pencapaian tujuan dan berbagai sasarannya.
  • Pengertian Logistik menurut Lukas Dwiantara dan Rumsari H.S (2004), Logistik adalah segala sesuatu atau benda yang berwujud dan dapat diperlakukan secara fisik (tangible), baik yang digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan pokok maupun kegiatan penunjang (administrasi).
  • Pengertian Logistik menurut Donald J.Bowersox (1995), Logistik adalah proses pengelolaan yang strategis terhadap pemindahan dan penyimpanan barang, suku cadang dan barang jadi dari para supplier, di antara fasilitas-fasilitas perusahaan dan kepada pada langganan.
  • Logistik merupakan suatu bagian yang integral dalam kegiatan saluran. Adapun tugas umum dari manajemen logistik adalah mengadakan keseimbangan antara biaya dan penghasilan untuk mencapai laba tertentu (Swastha,1990:322)
  • Logistik merupakan suatu istilah yang dipinjam dari militer yang menjelaskan suatu proses secara strategik mengelola aliran efisien dan penyimpanan sejumlah bahan mentah, persediaan dalam proses, dan persediaan barang jadi dari titik asal sampai ke titik konsumsi ( Daniel, 2001:31)

 




by Maket Creator

Manajemen Logistik