Pentingnya Pelayanan Prima Bagi Perusahaan

Pentingnya Pelayanan Prima Bagi Perusahaan

Pentingnya Pelayanan Prima Bagi Perusahaan

Ada beberapa alasan mengapa pelayanan prima penting bagi suatu perusahaan (Rahmayanty, 2013; 3-7) :

  1. Pelayanan prima memiliki makna ekonomi
    Pelanggan adalah kunci meraih keuntungan. Tujuan tersebut berupa memaksimalisasi laba dengan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan perusahaan, meraih pasar yang besar, menciptakan kepemimpinan pasar dalam hal kualitas, mengatasi persaingan, melaksanakan tanggung jawab sosial, dan sebagainya.
    Bila membina hubungan dan mempertahankan pelanggan yang sudah lama dengan memberikan pelayanan yang sangat baik dan konsisten, bila mereka puas ada kemungkinan menunjukkan loyalitasnya dengan memberikan informasi kepada orang lain dan tingkat keprcayaan melalui testimony (ucapan seseorang) lebih tinggi dan efektif selain biaya yang dikeluarkan lebih rendah.
  2. Pelayanan adalah tempat berkumpulnya uang dan pekerjaan
    Perusahaan bergantung pada pelanggan dan untuk pelangganlah mereka bekerja, karena pelanggan sumber uang dan pekerjaan. Memusatkan perhatian pada kebutuhan pelanggan, dengan memadukan semua kegiatan yang akan mempengaruhi pelanggan dan menghasilkan laba melalui kegiatan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.
  3. Persaingan yang semakin maju
    Terus membesarnya kegiatan bisnis, semakin kompetisi serta rendahnya atau turunnya pangsa pasar dikarenakan semakin banyaknya produsen yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Kunci utama untuk memenangkan persaingan adalah memberikan nilai dan kepuasan kepada pelanggan melalui penyampaian produk dan jasa berkualitas dengan harga bersaing.
  4. Pemahaman yang semakin baik terhadap pelanggan
    Perhatian terhadap kepentingan pelanggan dengan cara melihat kebutuhan serta kepuasan atas pelayanan menjadi faktor kunci untuk keberhasilan usaha di tengah iklim persaingan yang semakin ketat. Memahami sudut pandang pelanggan menyadari kepuasan pelanggan tak sekedar membeli produk, melainkan juga memenuhi berbagai unsur emosi dan afeksi, seperti gaya hidup, jati diri, petualanagn, cinta dan persahabatan, kedamaian serta kepercayaan.



Pentingnya Pelayanan Prima Bagi Pelanggan

Majid (2011; 61) menjelaskan lebih spesifik betapa pentingnya service excellence kepada pelanggan karena beberapa alasan, yaitu:

  1. Pelanggan menilai efisiensi perusahaan melalui karyawan yang ditemui.
  2. Kesan pertama (positive first impression) sangat penting. Sungguh sulit mengatasi kesan pertama yang negatif.
  3. Perusahaan memiliki harapan dan standar yang tinggi dari para pekerja.
  4. Pelanggan percaya kepada perusahaan dan akan terus senang dilayani jika ia diperlakukan dengan baik.
  5. Salah satu bentuk promosi yang paling efektif dari periklanan adalah “Word of Mounth” (promosi dari mulut ke mulut). Jika pelanggan senang, dia akan memberitahukan kepada orang lain.
  6. Kita merasa senang dan bangga akan diri kita sendiri jika memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan.
  7. Pelanggan mempercayakan kita sebagai sumber informasi dan bantuan utama

 



 

 

Lihat juga pembahasan terkait lainnya : 

 

 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2021-12-24 22:06:42.

Pelayanan Prima