Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan

Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan

Menurut Zeithamal dan Bitner (dalam Lupiyoadi dan Hamdani, 2006:192) faktor utama penentu kepuasan pelanggan adalah persepsi pelanggan atas kualitas jasa.



Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan

Apabila ditinjau lebih lanjut, menurut Kotler (dalam Lupiyoadi dan Hamdani, 2006:192) pencapaian kepuasan pelanggan melalui kualitas pelayanan dapat ditingkatkan dengan beberapa pendekatan sebagai berikut :

  1. Memperkecil kesenjangan-kesenjangan yang terjadi antara pihak manajemen dan pelanggan. Misalnya melakukan penelitian dengan metode fokus pada konsumen yang mengedarkan kuesioner dalam beberapa periode, untuk mengetahui persepsi pelayanan menurut pelanggan.
  2. Perusahaan harus mampu mebangun komitmen bersama untuk menciptakan visi didalam perbaikan proses pelayanan . yang termasuk didalamnya adalah memperbaiki cara berfikir, perilaku, kemampuan, dan pengetahuan dari semua sumber daya manusia yang ada.
  3. Memberi kesempatan kepada pelanggan untuk menyampaikan keluhan. Dengan membentuk sistem saran dan kritik, misalnya dengan hotline bebas pulsa.
  4. Mengembangkan dan menerapkan accountable, proactive, dan partnership marketing sesuai dengan situasi pemasaran. Perusahaan menghubungi pelangan setelah proses pelayanan terjadi untuk mengetahui kepuasan dan harapan pelanggan (accountable). Perusahaan menghubungi pelanggan dari waktu kewaktu untuk mengetahui perkembangan pelayanan (proactive). Sedangkan partnership marketing adalah pendekatan dimana perusahaan membangun kedekatan dengan pelanggan yang bermanfaat untuk meningkatkan citra dan posisi perusahaan dipasar.

 



 

Lihat juga pembahasan terkait lainnya : 

 



 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2021-12-14 00:11:24.

Pelayanan Prima