Tugas Manajemen Pemasaran Menurut Ahli dan Contohnya

Tugas Manajemen Pemasaran Menurut Ahli dan Contohnya

Menurut Wiliam J. Shultz (1961) dalam Alma (2011:130), manajemen pemasaran merupakan merencanakan, pengarahan dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dari perusahaan. Sedangkan menurut Ben M. Enis dalam Manap (2016:80), manajemen pemasaran adalah suatu proses untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh individu atau oleh perusahaan.



Manajemen pemasaran dijelaskan sebagai suatu proses manajemen, yang meliputi penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 2016:5). Menuru Donni Juni Priansa (2017:110), sebuah ilmu dan seni dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, mengaktualisasikan, serta pengendalian dalam rangka menyampaikan produk dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dari pihak produsen dan konsumen adalah manajemen pemasaran.

Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran adalah suatu penerapan ilmu dan seni fungsi manajemen untuk menciptakan produk dan jasa yang digunakan dalam proses pemenuhan kebutuhan manusia.



Tugas Manajemen Pemasaran Menurut Ahli dan Contohnya

Khotler & Keller (2009:29), mengidentifikasi serangkaian tugas yang menentukan keberhasilan manajemen pemasaran dan kepemimpinan pemasaran, yaitu :

  1. Mengembangkan Strategi dan Rencana Pemasaran
    Langkah pertama adalah mengidentifikasi potensi peluang dalam jangka panjang sesuai dengan analisis pasar sekaligus merencanakan pemasaran yang terstruktur dan taknik untuk maju.
  2. Menangkap Pemahaman (atau gagasan) Pemasaran
    Diperlukan sebuah sistem informasi dan riset yang terpercaya serta dapat diandalkan untuk memantau lingkungan pemasaran secara erat.
  3. Berhubungan dengan Pelanggan
    Mempertimbangkan cara terbaik untuk menciptakan nilai untuk pasar sasaran yang dipilihnya dan mengembangkan hubungan jangka panjang yang kuat serta mengutungkan bagi pelanggan.



  4. Membangun Merek yang Kuat
    Harus memahami dan mengerti kelebihan serta kekurangan dari Merek yang diperoleh berdasarkan sudut pandang pelanggan agar Merek tertanam dibenak pelanggan.
  5. Membentuk Penawaran Pasar
    Inti dari program pemasaran adalah produk penawaran perusahaan yang berwujud, yang mencangkup kualitas produk, fitur, desain, dan kemasan untuk memperoleh keunggulan kompetitif agar bisa memberikan lease, pengiriman, perbaikan, dan pelatihan sebagai bagian dari penawaran produknya.
  6. Menghantarkan Nilai
    Nilai yang terkandung dalam produk dan layanan harus menghantarkan nilai kepada pasar sasarannya. Perusahaan mencangkup saluran aktivitas-aktivitas untuk membuat produk tersedia dan lebih mudah didapat oleh pelanggan.
  7. Mengomunikasikan Nilai
    Melakukan komunikasi yang tepat sasaran kepada pasar sasaran nilai yang terkandung dalam produk dan layanannya. Program komunikasi pemasaran terintegrasi untuk memaksimalkan kontribusi individual dan kolektif dari semua aktivitas komunikasi.
  8. Menciptakan Pertumbuhan Jangka Panjang
    Berdasarkan positioning produk harus memulai pengembangan, pengujian, dan peluncuran produk baru sebagai bagian dari visi jangka panjangnya. Strategi tersebut harus mempertimbangkan peluang dan tantangan global yang terus berubah.

 

 

 



 

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Manfaat Word Of Mouth
  2. Jenis Jenis Word Of Mouth
  3. Tujuan Promosi Menurut Tjiptono
  4. Elemen Program Kepuasan Pelanggan
  5. Tujuan Promosi Menurut Basu Swastha
  6. Jenis-Jenis dan Tingkatan Word Of Mouth
  7. Indikator Promosi Menurut Tjiptono 2008
  8. Dimensi Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  9. Faktor Yang Mempengaruhi Word Of Mouth
  10. Indikator Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  11. Pengertian Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  12. Proses Keputusan Pembelian Model Lima Tahap
  13. Karakteristik Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  14. Hubungan Word Of Mouth dengan Keputusan Pembelian
  15. Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian
  16. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Promosi
  17. Alat-Alat Yang Dapat Dipergunakan Untuk Mempromosikan Produk
  18. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen
  19. Cara Sederhana Yang Digunakan Untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan

 

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-05-19 20:34:52.

Manajemen Pemasaran