Tahapan Proses Keputusan Pembelian Konsumen

Tahapan Proses Keputusan Pembelian Konsumen

Menurut Kotler dan Armstrong (2008), keputusan pembelian konsumen adalah membeli merek yang paling disukai dari berbagai alternatif yang ada, tetapi dua faktor bisa berada antara niat pembelian dan keputusan pembelian. Faktor pertama adalah sikap orang lain dan faktor yang kedua adalah faktor situasional. Oleh karena itu, preferensi dan niat pembelian tidak selalu menghasilkan pembelian yang aktual.



Menurut Schiffman dan Kanuk (2007), “Keputusan pembelian adalah pemilihan dari dua atau lebih alternatif pilihan keputusan pembelian, artinya bahwa seseorang dapat membuat keputusan, haruslah tersedia beberapa alternatif pilihan”.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian merupakan kegiatan pemecahan masalah yang dilakukan individu dalam pemilihan salah satu alternatif yang sesuai dari dua alternatif atau lebih dan dianggap sebagai tindakan yang paling tepat dalam membeli dengan terlebih dahulu melalui tahapan proses pengambilan keputusan. Menutut Kotler dan Amstrong (2008) proses keputusan konsumen terdiri dari lima tahap yaitu sebagai berikut :



Tahapan Proses Keputusan Pembelian Konsumen

  1. Pengenalan Kebutuhan

    Proses pembelian dimulai dengan pengenalan kebutuhan, ketika pembeli menyadari suatu masalah atau kebutuhan. Kebutuhan dapat dipicu oleh rangsangan internal ketika salah satu kebutuhan normal seseorang (rasa lapar, haus, dan seks) timbul pada tingkat yang cukup tinggi sehingga menjadi dorongan. Kemudian rangsangan eksternal contohnya, suatu iklan atau diskusi dengan teman bisa membuat konsumen berpikir untuk membeli mobil baru.

  2. Pencarian Informasi

    Tahap dimana konsumen ingin mencari informasi lebih banyak, konsumen mungkin hanya memperbesar perhatian atau melakukan pencarian informasi secara aktif. Jumlah pencarian yang dilakukan konsumen bergantung pada kekuatan dorongan internalnya, jumlah informasi yang dibutuhkan, kemudahan memperoleh lebih banyak informasi, nilai yang konsumen tempatkan pada informasi tambahan, dan kepuasan yang konsumen dapat dari pencarian informasi. Konsumen dapat memperoleh informasi dari beberapa sumber. Sumber-sumber ini meliputi sumber pribadi (keluarga, teman, tetangga, rekan), sumber komersial (iklan, wiraniaga, situs web, kemasan, tampilan), sumber publik (media massa, organisasi pemeringkat konsumen, pencarian internet), dan sumber pengalaman (penanganan, pemeriksaan, pemakaian produk). Pengaruh relatif sumber-sumber informasi ini bervariasi sesuai produk dan pembelinya.

  3. Evaluasi Alternatif

    Tahap dimana konsumen menggunakan informasi untuk mengevaluasi merek alternatif dalam sekelompok pilihan. Sayangnya, konsumen tidak menggunakan proses evaluasi yang sederhana dan tunggal dalam setiap pembelian. Sebagai gantinya, beberapa proses evaluasi yang digunakan.
    Konsumen sampai pada sikap terhadap merek yang berbeda melalui beberapa prosedur evaluasi. Bagaimana cara konsumen mengevaluasi alternatif bergantung pada konsumen pribadi dan situasi pembelian tertentu. Dalam beberapa kasus, konsumen menggunakan kalkulasi yang cermat dan pemikiran yang logis. Pada waktu lain, konsumen yang sama hanya sedikit melakukan evaluasi atau bahkan tidak mengevaluasi, sebagai gantinya mereka membeli berdasarkan dorongan dan bergantung pada intuisi. kadang-kadang kansumen membuat keputusan sendiri, kadang-kadang mereka meminta nasihat pembelian dari teman, pemandu konsumen, atau wiraniaga.

  4. Keputusan Pembelian

    Proses dimana konsumen menjatuhkan pilihan terhadap produk mana yang akan dibeli. Ada dua faktor yang bisa berada antara niat pembelian dan keputusan pembelian. Faktor pertama adalah sikap orang lain. Jika seseorang yang mempunyai arti penting bagi konsumen berpikir bahwa konsumen seharusnya membeli mobil yang paling murah, maka peluang konsumen untuk membeli mobil mahal berkurang.
    Faktor kedua adalah faktor situasional yang diharapkan. Konsumen mungkin membentuk niat pembelian berdasarkan faktorfaktor seperti pendapatan, harga, dan manfaat produk yang diharapkan. Namun, kejadian tak terduga bisa mengubah niat pembelian. Contoh, seorang teman mungkin memberitahu bahwa ia pernah kecewa dengan mobil yang disukai orang lain. Oleh karena itu, preferensi dan niat pembelian tidak selalu menghasilkan pilihan pembelian yang aktual.

  5. Perilaku Pascapembelian

    Tahap di mana konsumen mengambil tindakan selanjutnya setelah pembelian, berdasarkan kepuasan, atau ketidakpuasan yang menetukan kepuasan atau ketidakpuasan pembeli terletak pada hubungan antara ekspetasi konsumen dan kinerja anggapan produk. Jika produk tidak memenuhi ekspetasi, konsumen kecewa; jika produk memenuhi ekspetasi, konsumen puas; jika produk melebihi ekspetasi, konsumen sangat puas.

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen
  2. Hubungan Antara Citra Merek dengan Keputusan Pembelian
  3. Prinsip-Prinsip Yang Digunakan Dalam Kualitas Pelayanan
  4. Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
  5. Komponen Komponen Citra Merek Menurut Para Ahli
  6. Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen
  7. Indikator Kepuasan Konsumen Menurut Tjiptono
  8. Tahapan Proses Keputusan Pembelian Konsumen
  9. Indikator Kepercayaan Menurut Maharani 2010
  10. Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan
  11. Indikator Keputusan Pembelian Menurut Kotler
  12. Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
  13. Indikator Kualitas Pelayanan Menurut Kotler
  14. Pengertian Merek Menurut UU dan Para Ahli
  15. Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
  16. Tahap Keputusan Pembelian Menurut Kotler
  17. Dimensi Kualitas Produk Menurut Para Ahli
  18. Pengertian Citra Merek Menurut Para Ahli
  19. Elemen Kepuasan Konsumen Menurut Ahli
  20. Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan
  21. Metode Penetapan Harga Berbasis Laba
  22. Tujuan Penetapan Harga Menurut Ahli
  23. Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli
  24. Karakteristik Kepercayaan Konsumen
  25. Cara Mengukur Kepuasan Konsumen
  26. Dimensi Citra Merek Menurut Ahli
  27. 4 Karakteristik Syariah Marketing
  28. Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
  29. Jenis Kepercayaan Konsumen
  30. Syarat-Syarat Memilih Merek
  31. 3 Strategi Citra Merek

 

 




 

 

# tag 

Proses Keputusan Pembelian Konsumen proses keputusan beli konsumen tahapan proses keputusan pembelian konsumen contoh proses keputusan pembelian konsumen tahap proses keputusan pembelian konsumen proses keputusan pembelian konsumen individu sebutkan tahapan dari proses keputusan pembelian konsumen tahapan atau proses keputusan pembelian pada pasar konsumen 5 (lima) tahapan proses keputusan pembelian konsumen

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-04-04 11:21:42.

Manajemen Pemasaran