Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar

Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar

Berbagai manfaat pembelajaran telah dibahas oleh beberapa ahli mengemukakan beberapa hasil penelitian yang menunjukan dampak positif dari penggunaan media sebagai bagian integral pembelajaran di kelas atau sebagai cara utama pembelajaran langsung, berikut adalah manfaat media pembelajaran dalam proses belajar mengajar siswa.



Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar

  1. Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
  2. Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran.
  3. Metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikan verbal melalui menuturan kata –kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apalagi jika guru mengajar pada setiap jam pelajaran.
  4. Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi jua aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan, dan lainlain.



Sanjaya menyatakan secara khusus media pembelajaran bermanfaat untuk :

  1. Menangkap suatu objek atau peristiwa-peristiwa tertentu. Peristiwaperistiwa penting atau objek yang langkah dapat diabadikan dengan foto, film atau direkam melalui video/audio, kejadia peristiwa itu dapat disimpan dan digunakan manakala diperlukan.
  2. Memanipulasi keadaan, perisriwa atau objek tertrentu. Melalui media pembelajaran, guru dapat menyajikan bahan pelajaran yang bersifat abstrak menjadi konkret sehingga mudah dipahami dan dapat menghilangkan verbalisme.
  3. Menambah gairah dan motivasi belajar siswa. Penggunaan media dapat menambah motivasi belajar siswa sehingga perhatian siswa terhadap materi pembelajaran dapat lebih meningkat.

Dari beberapa pendapat tentang manfaat media pembelajaran diatas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran itu banyak memiliki manfaatnya dalam proses pembelajaran termasuk dalam pembelajaran fiqh. Dengan menggunakan media pembelajaran siswa akan lebih termotivasi untuk belajar, lebih memperhatikan, dan lebih mudah memahami materi, sehingga akan mempertinggi proses dan hasil belajar siswa.penggunaan media dalam pembelajaran dapat membantu memberi pengalaman yang bermakna kepada siswa, karena penggunaan media dapat mempermudah siswa dalam memahami sesuatu yang abstrak menjadi lebih konkrit.

 

 

Pembahasan terkait lainnya : 

 

 




 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-03-26 09:00:16.

Pendidikan