Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan Mulyadi

Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan Mulyadi

Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan Menurut Mulyadi

Dalam perusahaan manufaktur, pembayaran kepada karyawan biasanya dibagi menjadi 2 golongan : gaji dan upah. Gaji umumnya merupakan pembayaran atas penyerahan jasa yang dilakukan oleh karyawan yang mempunyai jenjang jabatan manajer, sedangkan upah umumnya merupakan pembayaran atas penyerahan jasa yang dilakukan oleh karyawan pelaksana. Umumnya gaji dibayarkan secara tetap per bulan, sedangkan upah dibayarkan berdasarkan hari kerja, jam kerja, atau jumlah satuan produk yang dihasilkan karyawan (Mulyadi, 2016 : 309).



Dari uraian di atas, dapat disimpulkan, sistem akuntansi penggajian digunakan untuk menangani transaksi pembayaran atas penyerahan jasa yang dilakukan karyawan yang mempunyai jenjang jabatan manajer. Sedangkan sistem akuntansi pengupahan digunakan untuk menangani transaksi pembayaran atas penyerahan jasa yang dilakukan oleh karyawan pelaksana. Ada 2 waktu yang dicatat untuk tenaga kerja langsung yaitu : waktu hadir yang merupakan jumlah waktu karyawan berada di perusahaan dan waktu kerja yang merupakan waktu yang digunakan oleh tenaga kerja langsung untuk menyelesaikan pesanan tertentu (Mulyadi, 2016 : 340). Pada umumnya penghasilan yang didapat oleh seorang karyawan adalah :



  • Gaji pokok, yaitu besarnya gaji yang diberikan karyawan sesuai dengan jabatan dan jasa yang diberikan pada perusahaan dan telah ditetapkan dengan gaji pokok minimum pada waktu pertama kali karyawan tersebut bekerja.
  • Insentive
    1. Uang makan dan transport
      Merupakan tambahan yang akan diterima karyawan selain dari gaji pokoknya dan dihitung berdasarkan dari tingkat dan jabatannya sesuai dengan keahliannya. Perhitungannya adalah perhari namun diberikan pada saat penerimaan gaji.
    2. Uang lembur
      Perhitungan uang lembur menggunakan rumus = total jam lembur x upah lembur (per 1 jam). Total jam lembur dihitung berdasarkan jumlah jam lembur karyawan selama 1 bulan. Upah lembur per jam dihitung berdasarkan ketentuan masing-masing perusahaan.
  • Tunjangan
    Tunjangan diberikan kepada setiap karyawan berdasarkan kebutuhannya dan biasanya diberikan sebesar satu bulan gaji karyawan.
  • Bonus Tahunan
    Mmerupakan bonus yang diberikan kepada karyawan dalam setahun jika perusahaan dalam posisi laba atau untung dan besarnya bonus yang diberikan disesuaikan dengan prestasi kerja setiap karyawan.

 

 

Pembahasan lainnya : 

 

 

 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-03-17 08:22:59.

Akuntansi