Tujuan Pemasaran Langsung

Tujuan Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung atau direct marketing merupakan salah satu metode penjualan yang menggunakan media pemasaran langsung tanpa adanya pihak yang menjadi perantara pemasaran dalam kegiatan transaksi jual-beli dan tawar-menawar suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Pemasaran langsung adalah strategi pemasaran untuk menghasilkan suatu kontak langsung dengan pelanggan dalam melakukan kampanye iklan layanan atau produk.

Program direct dan onlinemarketing dapat dirancang untuk mencapai beberapa alternative tujuan berikut :



Tujuan Pemasaran Langsung Adalah

  1. Mendorong leads atau percobaan produk (product trial)
    Direct & online marketing dapat dimanfaatkan untuk memperluas basis pelanggan perusahaan dengan jalan menarik para non-pemakai ke kategori produk tertentu atau merebut pelanggan pesaing. Sejumlah alternative ancangan bisa digunakan untuk mewujudkan tujuan ini, di antaranya direct response advertising, telemarketing, direct mail, email marketing, blog marketing, point-of-purcase coupons (menawarkan kupon khusus kepada konsumen yang membeli merek pesaing), referral program (menawarkan insentif kepada pelanggan saat ini agar mereka bersedia memberikan daftar nama teman atau kenalannya yang bisa menjadi pelanggan), dan inquiry generation through direct response (menyediakan saluran telepon bebas pulsa, website atau e-mail dan SMS rutin agar memudahkan pelanggan mendapatkan informasi tambahan).
  2. Meningkatkan kualitas relasi dengan pelanggan
    Melalui pengembangan database pelanggan yang memuat sejarah pembelian pelanggan, perusahaan bisa melakukan seleksi segmen pasar secara lebih akurat, menstimulasi pembelian uang, dan mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai level dan jenis bisnis tambahan yang bisa dikembangkan dari masing-masing pelanggan individual. Bentuk-bentuk bisnis tambahan tersebut bisa berupa: (1) cross selling program, yaitu program yang dirancang sedemikian rupa sehingga bisa menarik perhatian pelanggan untuk mencoba dan membeli produk-produk komplementer yang ditawarkan perusahaan, dan (2) up-grading program, yaitu mengarahkan konsumen untuk „naik kelas‟ dari produk yang kurang mahal ke yang lebih mahal (misalnya, dari penerbangan ekonomi ke kelas bisnis).
  3. Mempertahankan pelanggan
    Program yang dapat dirancang untuk mempertahankan pelanggan antara lain: (1) targeted discounts, yaitu menawarkan kupon atau insentif kepada pelanggan saat ini untuk keperluan pembelian yang akan datang, dan (2) frequency program, yaitu insentif yang disediakan untuk mempertahankan pelanggan agar kembali lagi, namun tanpa aktivitas yang berhubungan dengan kupon, misalnya melalui keanggotaan (membership).
  4. Mengaktifkan kembali mantan pelanggan
    Program ini dirancang untuk merebut kembali pelanggan yang hilang karena tidak adanya variasi produk yang diinginkan atau karena pengalaman buruk sebelumnya yang pernah dialami.



Salah satu bentuk direct & online marketing yang paling pesat perkembangannya dewasa ini adalah internet marketing.Internet memiliki sejumlah fitur yang memungkinkan aplikasi yang efektif dalam hal penyebarluasan informasi secara interaktif, menciptakan awereness terhadap perusahaan dan produknya, mengumpulkan informasi riset pasar, menciptakan citra yang diharapkan, dan menstimulasi percobaan (terutama lewat simulasi dan fasilitas free trials).Fitur-fitur tersebut dilihat dari sudut pandang pengguna, internet berperan penting sebagai wahana pengumpulan informasi, hiburan, interaksi social, komunikasi, pembelian produk/jasa, berbagi gagasan, dan membangun komunitas.

Karakteristik unik yang membedakan internet dari media komunikasi pemasaran lainnya mencakup enam I, yaitu interactivity (memungkinkan dialog antara perusahaan dan pelanggan), intelligence (bisa dimanfaatkan sebagai metode yang relative murah dalam mengumpulkan data riset pemasaran), Individualization (pesan komunikasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan individual para konsumen), Integration (dapat dimanfaatkan sebagai media komunikasi pemasaran terintegrasi), Industry restructuring (menghadirkan peluang sekaligus tantangan disintermediasi, reintermediasi, dan countermediation), dan independence of location (jangkauan global yang tidak terkungkung batas geografi).



Pemasaran langsung memberikan banyak manfaat bagi pelanggan.Konsumen menyatakan bahwa belanja di rumah menyenangkan, nyaman, dan bebas pertengkaran.13Belanja di rumah menghemat waktu dan memberikan pilihan barang dagangan yang lebih banyak. Mereka dapat melakukan belanja komparatif dengan membuka-buka catalog dan layanan belanja online, dan dapat memesan barang untuk mereka sendiri atau orang lain. Pelanggan industrial juga mengemukakan sejumlah keuntungan; mereka khususnya menyukai pengkajian barang terhadap barang dan jasa yang tersedia tanpa menghabiskan waktu untuk bertemu dengan wiraniaga.

 

 

Pembahasan terkait lainnya : 

 

 




 

# tag

tujuan pemasaran langsung adalah jelaskan tujuan pemasaran langsung tujuan pemasaran tidak langsung

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-03-08 08:38:33.

Manajemen Pemasaran