Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen

Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen

Di dalam era globalisasi dan pasar bebas ini, berbagai jenis produk barang dan jasa dengan ratusan merek membanjiri pasar Indonesia. Persaingan antar merek akan semakin ketat dan semakin tajam dalam upaya untuk merebut hati konsumen. Bagi konsumen, pasar menyediakan berbagai jenis produk barang dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Di sini, konsumen memegang kendali penuh dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Konsumen akan menggunakan berbagai kriteria dalam pengambilan keputusan nya terhadap suatu produk yang sesuai dengan kebutuhannya, seleranya, serta daya belinya. Tentunya, konsumen akan menggunakan keputusan pembelian tersebut pada produk yang memiliki kualitas yang lebih baik dengan harga yang lebih murah.



Para pemasar memiliki kewajiban untuk mampu memahami konsumen, mengetahui kebutuhan konsumen, selera dari konsumen, serta bagaimana perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Dengan demikian, para pemasar pun mampu memproduksi barang dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Pemahaman yang mendalam dari para pemasar mengenai konsumen, memungkinkan para konsumen akan terpengaruh dalam mengambil keputusan. Proses keputusan konsumen dalam membeli dan mengkonsumsi suatu produk barang dan jasa dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu :

  1. Kegiatan yang dilakukan oleh produsen dan lembaga lainnya.
  2. Faktor perbedaan indvidu antar konsumen
  3. Faktor lingkungan konsumen.

Proses pengambilan keputusan pembelian konsumen terdiri dari pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Pemahaman terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, akan memberikan pengetahuan kepada pemasar tentang bagaimana menyusun strategi dan komunikasi pemasaran yang lebih baik.



Para pemasar harus melihat lebih jauh faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dan mengembangkan pemahaman mengenai cara konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Secara khusus, para pemasar harus mengidentifikasi bagaimana seseorang melakukan keputusan pembelian serta bagaimana proses dari keputusan pembelian seorang konsumen.

Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen

Menurut Kotler (2004:204), proses pengambilan keputusan konsumen meliputi berbagai hal yang terdiri dari :

  1. Pengenalan Masalah
    Proses pembelian dimulai saat konsumen mengenali sebuah masalah atau kebutuhan.
  2. Pencarian Informasi
    Melalui proses pengumpulan informasi, konsumen mengetahui tentang merek-merek yang bersaing dan keistimewaan dari produk yang dinaungi oleh merek-merek tersebut.
  3. Evaluasi Alternatif
    Proses ini adalah suatu kegiatan yang dilakukan konsumen dalam mengembangkan sekumpulan keyakinan merek tentang di mana posisi setiap merek dalam masing-masing atribut.
  4. Keputusan Pembelian
    Suatu keadaan dimana konsumen membentuk niat untuk membeli produk yang paling disukai.
  5. Evaluasi Pasca Pembelian Evaluasi ini menyangkut seberapa jauh kinerja produk dengan harapan pembeli.



Proses evaluasi ini akan menentukan apakah konsumen merasa puas atau tidak puas atas keputusan pembeliannya. Seandainya konsumen merasa puas, maka kemungkinan untuk kembali melakukan pembelian di masa depan akan terwujud. Hal ini dikarenakan tercapainya keinginan dan kebutuhan konsumen tersebut. Sementara bila konsumen tidak merasa puas atas keputusan pembeliannya, maka konsumen akan kembali mencari berbagai informasi mengenai produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Proses ini akan terus berulang-ulang hingga konsumen merasa benar-benar puas atas keputusan pembeliannya.

Pengenalan Masalah > Pencarian Informasi > Evaluasi Alternatif > Keputusan Pembelian > Evaluasi Pasca Pembelian
sumber : Kotler (2004:204) Manajemen Pemasaran



Dari proses pengambilan keputusan pembelian konsumen di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelian diawali dengan suatu pengenalan konsumen akan suatu kebutuhan dan keinginan terhadap suatu produk yang kemudian dilanjutkan dengan suatu pencarian terhadap berbagai informasi yang tersedia atau yang telah disediakan oleh suatu produk dagang atau jasa. Setelah itu, konsumen mendapatkan beberapa pilihan dari informasi yang telah dikumpulkan dan mengevaluasi setiap alternatif yang ada, seperti pertimbangan harga dan citra dari produk dagang atau jasa yang akan didapatkan konsumen. Lalu konsumen melakukan proses keputusan pembelian terhadap produk dagang atau jasa yang telah dipilih, hingga berkahir pada perilaku konsumen pasca pembelian dimana konsumen melakukan penilaian apakah telah tercapai kesesuaian keinginan dan apakah kepuasannya terpenuhi dari produk dagang atau jasa yang sudah dibeli. Bila keinginan dan kepuasan konsumen telah terpenuhi, maka konsumen akan terus melakukan pembelian ulang. Dan bila tidak, maka konsumen tidak akan melakukan pembelian ulang kembali.

 

Pembahasan terkait lainnya : 

 




 

# tag

proses pengambilan keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh 3 faktor utama yaitu proses pengambilan keputusan pembelian konsumen dan industri contoh proses pengambilan keputusan pembelian konsumen bagaimana proses pengambilan keputusan pembelian konsumen dalam pasar bisnis 5 tahap proses pengambilan keputusan pembelian konsumen tahap proses pengambilan keputusan pembelian pada pasar konsumen dan pasar bisnis makalah proses pengambilan keputusan konsumen sebelum melakukan pembelian jelaskan langkah – langkah dalam proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-03-04 21:40:26.

Manajemen Pemasaran