Tenaga Kerja Dalam Ekonomi Islam

Tenaga Kerja Dalam Ekonomi Islam

Tenaga Kerja Dalam Ekonomi Islam

Tenaga kerja adalah segala usaha dan ikhtiar yang dilakukan oleh anggota badan atau pikiran untuk mendapatkan imbalan yang pantas. Termasuk semua jenis kerja yang dilakukan fisik maupun pikiran. Sementara kinerja menurut Islam merupakan bentuk atau cara individu dalam mengaktualisasikan diri. Alam telah memberikan kekayaan yang tidak terhitung, tetapi tanpa usaha manusia semua akan tetap tersimpan.

Tenaga kerja merupakan salah satu faktor produksi yang mempunyai arti besar, karena semua kekayaan alam tidak berguna bila tidak dieksploitasi oleh manusia dan diolah oleh buruh. Secara alamiah, tenaga kerja atau pekerja ada untuk menghasilkan harta yang kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup, karena kebutuhan hidup manusia sangat beragam bentuknya maka tidak mungkin seseorang berdiam diri tanpa menghasilkan sesuatu untuk kebutuhan itu.



Islam menganjurkan manusia untuk bekerja atau berniaga dan menghindari kegiatan meminta-minta dalam mencari harta kekayaan. Manusia memerlukan harta kekayaan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan hidup sahari-hari. 31 Semakin bersungguh-sungguh dia bekerja semakin banyak harta yang diperolehnya. Prinsip tersebut jelas tertera dalam firman Allah, yaitu surah An-Nisa’

Artinya: “Untuk lelaki ada bagian dari usaha yang dikerjakannya dan untuk wanita ada bagian pula dari usaha yang dikerjakan nya.” (Q. S. An-Nisa’: 32).33

Pada hakekatnya, seorang yang bekerja untuk hidupnya senantiasa mengharapakan keridhaan Allah dalam pekerjaannya.34 Hampir semua Rasul bekerja untuk kehidupan mereka, sedangkan Rasulullah SAW sendiri bekerja keras seperti orang lain juga. Beliau menggembala kambing dan menasihati orang lain supaya menjalankan pekerjaan tersebut untuk mendapatkan penghidupan mereka, dan ini merupakan suatu bukti yang jelas tentang kepentingan buruh dalam Islam.

Rasulullah SAW senantiasa menyuruh umatnya bekerja dan tidak menyukai manusia yang bergantung kepada kelebihan saja. Para sahabat Rasulullah dengan tegas mematuhi prinsip Islam tersebut dan bekerja keras untuk kehidupan mereka. Abdullah Ibnu Mas’ud selalu berkata bahwa beliau tidak suka melihat seseorang yang berdiam diri saja, tidak memperdulikan kehidupan di dunia ataupun di akhirat. Imam Sarikhsi merumuskan kepentingan buruh dalam Islam dengan mengatakan
“mencari penghidupan (buruh) merupakan satu kewajiban atas umat Islam”.



Menurut Afzalur Rahman, terdapat dua macam tenaga kerja yaitu tenaga kerja kasar dan tenaga kerja terdidik. Kriteria pemilihan tenaga kerja seperti penawaran buruh tergantung pada tiga faktor :

  • Kecakapan tenaga kerja

    Kecakapan tenaga kerja adalah usaha tenaga kerja untuk bekerja pada industri, keahlian dan keterampilan yang dimilikinya, yang mampu meningkatkan modal. Dalam dunia modern yang penuh persaingan ini, dimana pengguna alat modern dan elektronik meningkat dengan pesat. Kecakapan para buruh sangat penting untuk mencapai kejayaan, Islam sangat menjunjung tinggi hasil kerja yang cakap memerintahkan umatnya dalam mengajarkan semua jenis kerja dengan tekun dan sempurna.

  • Mobilisasi tenaga kerja

    Merupakan gerakan tenaga kerja dari suatu kawasan geografi dan kawasan lain. Mobilisasi tenaga kerja mempunyai hubungan yang erat dengan kedudukan ekonomi para pekerja. Jika golongan tenaga kerja boleh bergerak dengan mudah dan bebas dari suatu tempat (atau pekerjaan) ketempat yang lain dimana mereka boleh memperoleh upah yang tinggi sudah pasti taraf hidup mereka akan dapat diperbaiki dan juga sebaliknya.

  • Jumlah penduduk

    Jumlah penduduk merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi penawaran buruh di suatu negara. Sekiranya pertambahan penduduk dapat dikendalikan, maka taraf hidup akan lebih baik.

 

Lihat juga pembahasan terkait lainnya : 

 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-02-18 15:09:05.

Uncategorized