Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli

Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli

Pengertian pelanggan secara umum adalah orang yang menjadi pembeli produk yang telah dibuat dan dipasarkan oleh sebuah perusahaan, dimana orang ini bukan hanya sekali membeli produk tersebut tetapi berulang-ulang sedangkan menurut kamus besar Bahasa Indonesia (2008), pelanggan memiliki arti membeli atau menggunakan barang secara tetap.

Pelanggan sebenarnya merupakan asset terbesar bagi setiap organisasi, karena tanpa mereka perusahaan tidak akan ada. Kelangsungan suatu bisnis mutlak tergantung dari tidak adanya perhatian yang besar terhadap kebutuhan pelanggan. Semakin banyak dan semakin loyal pelanggan terhadap kita, maka semakin kuat kemungkinan bisnis kita meraih sukses.



Pengertian Pelanggan Menurut Para Ahli

  • Pengertian Pelanggan Menurut Nasution (2004:102) pelanggan suatu perusahaan adalah orang yang memebeli dan menggunakan produk suatu perusahaan.
  • Pengertian Pelanggan Menurut Zulian Yamit (2005) secara tradisional pelanggan diartikan orang yang membeli dan menggunakan produk. Dalam perusahaan yang bergerak dibidang jasa, pelanggan adalah orang yang menggunakan jasa pelayanan. Dalam dunia perbankan pelanggan diartikan nasabah. Pandangan tradisional ini menyimpulkan bahwa pelanggan adalah orang yang berinteraksi dengan perusahaan sebelum proses produksi selesai, karena mereka adalah pengguna produk. Sedangkan orang yang berinteraksi derigan perusahaan sebelum proses produksi berlangsung adalah dianggap sebagai pemasok.
  • Pengertian Pelanggan Menurut Greenberg (2010:8), pelanggan atau customer adalah individu atau kelompok yang terbiasa membeli sebuah produk atau jasa berdasarkan keputusan mereka atas pertimbangan manfaat maupun harga yang kemudian melakukan hubungan dengan perusahaan melalui telepon, surat, dan fasilitas lainnya untuk mendapatkan suatu penawaran baru dari perusahaan.
  • Pengertian Pelanggan Menurut Menurut Daryanto (2015:49) pelanggan merupakan orang orang yang kegiatannya membeli dan menggunakan suatu produk, baik barang maupun jasa secara terus menerus. Secara garis besarnya terdapat tiga jenis pelanggan, yaitu pelanggan internal, pelanggan perantara, dan pelanggan eksternal. Ketika jenis pelanggan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut.
  • Pengertian Pelanggan Menurut Gasperz dalam Laksana (2008:10) pengertian pelanggan ada tiga yaitu:
    1. Pengertian Pelanggan Internal

      Pelanggan internal (internal costumer), adalah orang – orang atau pengguna produk yng berbeda di dalam perusahaan dan memiliki pengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan.Pelanggan internal (internal costumer) adalah orang – orang atau pengguna produk yang berbeda di dalam perusahaan dan memiliki pengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan.

    2. Pengertian Pelanggan Perantara

      Pelanggan perantara (intermediate customer) adalah setiap orang yang berperan sebagai peranan produk, bukan sebagai pemakai. Komponen distributor, seperti agenagen koran yang memasarkan Koran, atau toko – toko buku merupakan contoh pelanggan perantara.

    3. Pengertian Pelanggan Eksternal

      Pelanggan eksternal (external costumer) adalah setiap orang atau kelompok orang pengguna suatu produk (barang/jasa) yang dihasilkan oleh perusahaan bisnis.

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa pelanggan adalah individu atau kelompok yang membeli atau menggunakan sebuah produk atau jasa secara tetap yang kemudian melakukan hubungan dengan perusahaan untuk mendapatkan suatu penawaran baru dari perusahaan.

 



 

Lihat juga pembahasan terkait lainnya : 

 

 



 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2021-12-25 00:24:24.

Pelayanan Prima