Ciri Ciri Pelayanan Prima

Ciri Ciri Pelayanan Prima

Layanan adalah suatu tindakan sukarela dari satu pihak ke pihak lain dengan tujuan hanya sekedar membantu atau adanya pihak lain untuk memnuhi kebutuhan secara sukarela. Pelayanan adalah aspek yang tidak bisa di sepelekan dalam persaingan bisnis manapun. Karena dengan pelayanan konsumen akan menilai kemudian menimbang apakah selanjutnya akan loyal kepada pemberi layanan tersebut. Hingga tak jarang para pebisnis memaksimalkan layanan untuk menarik konsumen sebesar-besarnya.

Maka dari itu, bila ingin menarik konsumen dengan sebanyak-banyaknya harus mengetahui arti dari layanan itu sendiri. Pengertian layanan atau pelayanan secara umum, menurut Purwadarminta adalah menyediakan segala apa yang dibutuhkan orang lain. 28 Sedangkan menurut Tjiptono definisi layanan adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan kepada pelanggan yang telah membeli produknya.29 Sedangkan menurut Barata bahwa suatu pelayanan akan terbrntuk karena adanya proses pemberian layanan tertentu dari pihak penyedia kepada pihak yang dilayani.



Ada beberapa ciri pelayanan yang baik yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan :

Ciri Ciri Pelayanan Yang Baik

  1. Memiliki karyawan yang profesional khususnya yang berhadapan langsung dengan pelanggan.
  2. Tersedianya sarana dan prasarana yang baik yang dapat menunjang kelancaran produk ke pelanggan secara tepat dan tepat.
  3. Tersedianya ragam produk yang diinginkan. Dalam artian konsumen sekali berhenti dapat membeli beragam produk dengan kualitas produk dan pelayan yang diinginkan.
  4. Bertanggung jawab kepada setiap pelanggan dari awal sampai selesai.
  5. Mampu melayani secara cepat dan tepat, tentunya jika dibandingkan dengan pihak pesaing.
  6. Mampu berkomunikasi dengan jelas, menyenangkan dan mampu menangkap keinginan dan kebutuhan pelanggan.
  7. Memberikan jaminan kerahasiaan transaksi terutama dalam hal keuangan.
  8. Memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik tentang produk yang dijual dan pengetahuan umum lainnya.
  9. Mampu memberikan kepercayaan kepada pelanggan, sehingga pelanggan merasa yakin dengan apa yang telah dilakukan perusahaan.



Ciri-Ciri Pelayanan Prima Adalah

Dalam sebuah usaha kecil menengah memiliki model atau ciri-ciri untuk memberikan suatu pelayanan yang baik atau pelayanan prima (Service excellence). Berikut ini beberapa ciri pelayanan prima atau baik untuk diikuti oleh suatu usaha kecil menengah yang betugas melayani pelanggan.

  1. Tersedianya Karyawan Yang Baik
    Kenyamana pelanggan sangat tergantung dari karyawan yang melayaninya, karyawan harus ramah, sopan, dan menarik. Disamping itu, karyawan harus cepat, tanggap, pandai bicara menyenangkan serta pintar. Karyawan juga harus mampu memikat dan mengambil hati nasabah sehingga nasabah semakin tertarik. Demikian juga dengan cara kerja karyawan harus rapi, cepat, dan cekatan.
  2. Tersedianya Sarana dan Prasarana Yang Baik
    Pada dasarnya konsumen ingin dilayani secara prima. Untuk melayani konsumen, salah satu hal yang paling penting diperhatikan, disamping kualitas dan kuantitas sumber dayamanusia adalah sarana dan prasarana yang dimiliki olehsebuah usaha kecil menengah.
  3. Bertanggung jawab kepada setiap jamaah sejak awal hingga selesai
    Dalam menjalankan kegiatan pelayanan karyawan harusmampu melayani dari awal sampai tuntas atau selesai. konsumenakan merasa puas jika karyawan bertanggung jawab terhadappelayanan yang diinginkan oleh nasabah.
  4. Mampu Melayani Secara Cepat dan Tepat
    Mampu melayani secara cepat dan tepat artinya dalammelayani konsumen diharapkan karyawan harus melakukannyasesuai prosedur. Layanan yang diberikan sesuai jadwal untukpekerjaan tertentu dan jangan membuat kesalahan dalam artipelayanan yang diberikan sesuai dengan standar sebuah usaha kecil menengahdan keinginan konsumen.
  5. Mampu Berkomunikasi
    Mampu berkomunikasi artinya karyawan harus mampuberbicara kepada setiap konsumen. Karyawan juga harus mampudengan cepat memahami keinginan konsumen.



 

Lihat juga pembahasan terkait lainnya : 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2021-12-13 22:28:09.

Pelayanan Prima