Manfaat Pelayanan Prima Menurut Para Ahli

Manfaat Pelayanan Prima Menurut Para Ahli

Pelayanan prima merupakan pelayanan yang sangat penting diterapkan pada setiap perusahaan jasa. Pelayanan prima merupakan pelayanan yang akan sangat berpengaruh pada tindakan konsumen terhadap perusahaan penyedia layanan jasa. Untuk itu pelayanan prima sangatlah penting diterapkan sebagai standarisasi pelayanan pada perusahaan penyedia jasa.

Manfaat Pelayanan Prima Menurut Para Ahli

Manfaat Pelayanan Prima Menurut Zaenal Mukarom (Suminar.R danApriliawati.M, 2017)

Pelayanan prima bermanfaat bagi upaya peningkatan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat sebagai pelanggan dan sebagai acuan pengembangan penyusunan standar pelayanan. Dengan pelayanan prima, penyedia layanan, pelanggan dan stakeholder dalam kegiatan pelayanan akan memiliki acuan tentang bentuk, alasan, waktu, tempat dan proses pelayanan yang seharusnya. Disamping itu, manfaat pelayanan prima adalah :

  1. Upaya peningkatan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat.
  2. Acuan untuk pengembangan penyusunan standar pelayanan.
  3. Acuan untuk pelayan, pelanggan dalam kegiatan pelayanan.

Manfaat Pelayanan Prima Menurut (Frimayasa & Administrasi, 2017) : 

  1. Meningkatkan hubungan klien dan pelayanan publik.
  2. Mempromosikan inovasi dan kreativitas dalam memberikan pelayanan.
  3. Menghargai karyawan yang memberikan pelayanan prima.
  4. Tingkat kepercayaan dalam pelayanan publik lebih tinggi.
  5. Pelayanan prima yang diberikan dapat selalu dikenang atau dipikirkan oleh para pelanggan.



Manfaat Pelayanan Prima Menurut (Firmansyah, 2016) :

  1. Bagi masyarakat; pelayanan prima memberikan kepercayaan dan kepuasan terhadap pelanggan.
  2. Bagi PNS maupun pegawai swasta; pelayanan prima dapat memuaskan perasaan pribadi dengan melayani sepenuh hati tidak mengecewakan.
  3. Bagi PNS maupun pegawai swasta; pelayanan prima dapat menciptakan kesejahteraan rakyat sehingga terjalin kerjasama dan partisipasi seluruh komponen bangsa untuk mewujudkan pembangunan bangsa dan Negara.
  4. Bagi organisasi; pelayanan prima dapat menambah kepercayaan dan nilai kredibilitas individu yang ada dalam organisasi tersebut dan menjadi harapan setiap orang, pelanggan atau masyarakat untuk berurusan dengan organisasi yang mampu memberikan pelayanan prima.

Manfaat Pelayanan Prima Menurut (Freddy, 2017) :

  1. Upaya peningkatan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat.
  2. Acuan untuk pengembangan penyusunan standar pelayanan.
  3. Acuan untuk pelayanan pelanggan atau stakeholder dalam kegiatan pelayanan (why, when, whom, where, and how pelayanan mesti dilakukan).

 

Baca juga Tujuan pelayanan prima




Manfaat Pelayanan Prima Menurut Sutopo & Adi Suryanto (2009: 11) :

“Akan bermanfaat bagi upaya peningkatan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat sebagai pelanggan dan sebagai acuan untuk pengembangan penyusunan standar pelayanan”. Pelayanan yang prima akan meningkatkan kualitas dari penyedia jasa tersebut, apakah kualitasnya semakin baik atau justru semakin buruk. Adanya tuntutan masyarakat yang semakin beragam saat ini, penyedia layanan harus dapat menanganinya dengan baik agar tercipta pelayanan yang prima yang barmanfaat bagi penyedia jasa sekaligus pelanggan.

Manfaat Pelayanan Prima Menurut Daryanto & Ismanto (2014: 51) :

  1. Dapat menciptakan komunikasi yang positif dan harmonis antara perusahaan bisnis dengan kolega dan pelanggan.
  2. Dapat mendorong bangkitnya rasa simpatik dan loyalitas dari para kolega dan pelanggan.
  3. Dapat membentuk opini publik yang positif, sehingga menguntungkan bagi kemajuan perusahaan.
  4. Dapat menimbulkan profitabilitas perusahaan, sehingga mendorong dihasilkan produk baru yang berkualitas.
  5. Dapat membina hubungan yang baik dan harmonis dengan para kolega dan pelanggan.
  6. Pelayanan tidak dapat dipisahkan dengan kepuasan pelanggan. Sebab tujuan penerapan pelayanan prima untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

Pelayanan prima sangat bermanfaat terhadap keberlangsungan suatu perusahaan, terutama untuk memikat para pelanggan. Mewujudkan pelayanan prima bukanlah hal yang mudah dan perlu adanya strategi. Pengembangan pelayanan prima merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk memberikan pembekalan kepada pelayanan dalam mengantisipasi tuntutan kebutuhan pelayanan propesional.Program pengembangan pelayanan melalui pendidikan (diklat) yang berkesinambungan sangat diperlukan. Pemberian pembekalan untuk keterampilan pelayanan lewat pendidikan pelatihan, merupakan bagian dari pembekalan keterampilan, sementara tuntutan menjadi profesional tidak hanya menyangkut keterampila fisik tetapi juga menyangkut keterampilan sikap, perilaku dan motivasi.



 

Keuntungan Pelayanan Prima Bagi Pelanggan

  1. Keputusan pihak pelanggan untuk segera membeli produk yang kita tawarkan pada saat itu juga.
  2. Menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap barang / produk produsen yang bersangkutan.
  3. Mempertahankan pelanggan agar tetap loyal menggunakan produk produsen yang bersangkutan.
  4. Dapat menghindarkan terjadinya tuntutan-tuntutan terhadap penjual yang tidak perlu.

Pelayanan prima harus ditunjang oleh kualitas sumber daya manusia yang handal, mempunyai visi yang jauh kedepan dan dapat mengembangkan strategi dan kiat pelayanan prima yang mempunyai keunggulan. Keterampilan sikap, perilaku dan motivasi merupakan upaya pembinaan yang tidak dapat pada diklat pada umumnya memberikan keterampilan dan pembentukan keahlian kerja.

Pada sektor publik, pelayanan prima didasarkan pada ‘pelayanan adalah pemberdayaan’. Pelayanan prima yang diberikan oleh sektor bisnis berorientasi pada profit, sedangkan pelayanan prima yang diberikan oleh sektor publik bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cara yang terbaik.Secara lebih luas, keberhasilan pelayanan prima diharapkan berujung pada hasil berikut :

  1. Pelanggan memutuskan untuk langsung membeli produk / jasa yang kita tawarkan pada saat itu juga.
  2. Menciptakan kepercayaan pelanggan atas produk / jasa yang kita tawarkan.
  3. Pelanggan tetap setia menggunakan produk / jasa kita.
  4. Pelanggan membeli kembali produk / jasa kita.
  5. Menghindari terjadinya tuntutan-tuntutan atau komplain yang tidak perlu dari pelanggan.

Kebijakan perusahaan untuk meningkatkan akan pelayanan kualitas pelayanan dengan menempatkan mutu berkualitas pada lini terdepan, merupakan upaya manajemen dalam mengantisipasi tuntutan kebutuhan paratamu akan pelayanan yang terbaik.



Suatu perusahaan yang ingin maju mengharapkan pelanggan untuk membeli barang atau jasanya dan tetap menjaga pelangan agar tetap membeli barangnya. Walaupun banyak perusahaan menawarkan produk-produk yang bersaing tetapi tujuannya adalah untuk menarik pelanggan yang sama. Para pelanggan biasanya mempunyai supplier yang semuanya menawarkan produk dan jasa yang sejenis. Dengan demikian pelanggan mempunyai pilihan yang banyak.

Meskipun demikian dari sudut pandang perusahaan, pelanggan mutlak dipertahankan dan perlu dicermati sikap pelanggan, bagaimana sikap karyawan perusahaan yang ikut berperan dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan yang merupakan kunci sukses dari perusahaan. Sebagian besar orang-orang mencoba memberikan pelayanan terbaik, sebaliknya bila menerima pelayanan yang buruk cenderung pengalaman yang tidak menyenangkan tersebut akan diingat.



Pelayanan prima penting bagi perusahaan, pelanggan, bagi karyawan perusahaan. Hal ini penting bagi perusahaan karena dapat mempertahankan loyalitas pelanggan dan membantu untuk mengamankan masa depan bisnisnya. Penting bagi pelanggan karena memberikan kombinasi untuk mengambil keputusan dalam hal membeli dan memilih produk, serta menjamin memenuhi kebutuhannya. Penting bagi karyawan perusahaan karena memberikan kebanggan pada mereka, perusahaan dan juga produknya.

Pelayanan prima akan sangat bermanfaat sebagai peningkatan kualitas pelayanan perusahaan kepada pelanggan apabila perusahaan memperhatikan pelanggan. Pelanggan harus diperhatikan karena pelanggan adalah acuan dimana standar pelayanan itu dibuat. Dengan memperhatikan pelanggan maka standar yang digunakan oleh perusahaan akan sesuai harapan pelanggan dan pelanggan akan merasa puas terhadap pelayanan perusahaan. Perusahaan pun akan menerima manfaat dari perhatiannya terhadap pelanggan yaitu mendapat kesan pelayanan yang sangat baik terhadap pelanggan dan pelanggan berusaha bertahan menggunakan jasa yang ditawarkan perusahaan.

 

Lihat juga pembahasan terkait lainnya : 

 




How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2021-05-09 11:00:12.

Pelayanan Prima