Tugas dan Fungsi Penelitian Secara Umum

Tugas dan Fungsi Penelitian Secara Umum

Penelitian adalah terjemahan dari bahasa Inggris research. Research berasal dari kata re, yang berarti kembali dan to search yang berarti mencari. Dengan demikian arti sebenarnya dari research adalah mencari kembali, pencarian berulang-ulang. Dalam bahasa Indonesia, kata research dibakukan menjadi riset. Tugas yang diemban penelitian sebenarnya kompleks. Secara umum, tugas tersebut di antaranya adalah :



Tugas dan Fungsi Penelitian Secara Umum

  1. Tugas mengadakan deskripsi atau menggambarkan secara jelas dan cermat hal-hal yang dipersoalkan.
  2. Tugas menerangkan (eksplanasi), yaitu menerangkan kondisikondisi yang mendasari terjadinya peristiwa-peristiwa.
  3. Tugas menyusun teori, maksudnya mencari dan merumuskan hukum-hukum atau tata-tata mengenai hubungan antara kondisi yang satu dengan kondisi yang lain atau hubungan antara satu peristiwa dengan peristiwa lain.
  4. Tugas prediksi (ramalan), artinya membuat prediksi, estimasi dan proyeksi mengenai peristiwa-peristiwa bakal terjadi atau gejala-gejala yang bakal muncul.
  5. Tugas pengendalian, yaitu melakukan tindakan-tindakan guna mengendalikan peristiwa-peristiwa atau gejala-gejala.



Inti fungsi penelitian ilmiah (riset) sebenarnya adalah uji empirik proposisi rasional atau verifikasi empirik; menjelaskan masalah yang ditemukan; alat untuk menguji teori; mengadakan klarifikasi (penjelasan) terhadap konsep yang telah digunakan untuk memformulasikan teori itu sendiri.

Penelitian pada dasarnya tidaklah dilakukan untuk memperbaiki suatu teori, tetapi jika hasil penelitian membuktikan bahwa penemuan-penemuan tidak lagi cocok dengan teori, maka hal ini memberi peluang untuk mengadakan reformulasi kembali teori ataupun memperluas teori yang ada. Hasil penemuan riset dapat dipergunakan untuk menguji kebenaran teori yang telah ada; dapat memperjelas konsep-konsep teoritis; dan dapat membantu di dalam merumuskan teori yang baru atau memperluas teori yang lama. Hasil riset ini hanya berguna kalau data yang diperoleh benar-benar dipergunakan untuk membuat keputusan dalam rangka memecahkan persoalan.

 

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-06-12 23:44:00.

Pendidikan