Unsur Unsur Pondok Pesantren

Unsur Unsur Pondok Pesantren

Istilah Pesantren bisa disebut dengan pondok saja atau kedua kata ini digabung menjadi Pondok Pesantren. secara esensial, semua istilah ini mengandung makna yang sama. Secara etimologi, istilah pesantren berasal dari kata “santri” , yang dengan awalan pe- dan akhiran -an berarti tempat tinggal para santri. Kata “santri” juga merupakan penggabungan antara suku kata sant (manusia baik) dan tra (suka menolong), sehingga kata pesantren dapat diartikan sebagai tempat mendidik manusia yang baik. Dengan kata lain, istilah santri mempunyai pengertian seorang murid yang belajar bukubuku suci/ilmu-ilmu pengetahuan Agama Islam. Dengan demikian,pesantren dipahami sebagai tempat berlangsungnya interaksi guru murid, kyai-santri dalam intensitas yang relatif permanen dalam rangka transferisasi ilmu-ilmu keislaman. Berikut ini ada beberapa unsur-unsur pondok pesantren adalah..



Unsur Unsur Pondok Pesantren

  1. Kiai
    Di pondok pesantren, kiai merupakan elemen terpenting. Kiai adalah pendiri sekaligus pengembang pondok pesantren. Ketergantungan orang yang terlibat dalam pondok pesantren terhadap kiai sangat besar, sehingga kiai akan menjadi penentu diterima atau tidaknya pendidikan ini ditengah-tengah masyarakat.
  2. Santri
    Santri ini memiliki kebiasaan-kebiasaan tertentu, santri memberikan penghormatan yang terkadang berlebihan kepada kiainya. Kebiasaan ini menjadikan santri bersikap sangat pasif karena khawatir kehilangan barokah. Kekhawatiran ini menjadi salah satu sikap yang khas pada santri dan cukup membedakan dengan kebiasaan yang dilakkan oleh siswa-siswi sekolah maupun siswa-siswa lembaga kursus.
  3. Pondok
    Sebuah pondok pesantren pada dasarnya adalah terdiri dari beberapa asrama atau pondokan, di mana santrinya tinggal dan belajar bersama di bawah naungan seorang guru atau lebih.
  4. Masjid
    Masjid merupakan elemen yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pondok pesantren. Masjid adalah unsur yang paling penting dalam pondok pesantren. Masjid selain berfungsi sebagai tempat ibadah, juga menjadi tempat dimana para santri melakukan proses belajar mengajar. Namun pada pondok pesantren modern masjid bukan satusatunya tempat untuk menyelenggarakan proses belajar mengajar dan pelaksanaannya dilangsungkan di kelas-kelas seperti pada sekolah umunya.
  5. Kitab Kuning
    Unsur pokok lain yang membedakan pondok pesantren dengan lembaga pendidikan lainnya adalah diajarkannya kitab-kitab kuning (klasik) yang dkarang oleh para ulama’ terdahulu.

Meski demikian, bukan berarti elemen-elemen atau unsur-usur yang lain tidak menjadi bagian penting dalam sebuah lembaga pendidikan pesantren. Sebaliknya, perkembangan dan kemajuan peradaban telah mendorong pesantren untuk mengadopsi ragam elemen bagi teroptimalisasikannya pelaksanaan pendidikan pesantren.

 

 

Pembahasan terkait : Tujuan Pendidikan Pondok Pesantren

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-04-24 03:20:53.

Uncategorized