Pengertian Instagram Ads

Pengertian Instagram Ads

Iklan Instagram Ads adalah salah satu kegiatan advertising atau iklan melalui konten berbayar di Instagram untuk menjangkau audience yang lebih luas dan lebih ditargetkan. Instagram ads sendiri memang sering dimanfaatkan untuk meningkatkan brand exposure, traffic website, mengumpulkan leads baru. Jika Anda familiar dengan sales funnel, Instagram ads juga dapat membantu memindahkan leads yang sudah ada ke bagian bawah funnel yaitu pembelian.

Instagram ads sendiri sudah dipercaya untuk bekerja. Menurut Instagram sendiri, 60% pengguna Instagram mengatakan bahwa mereka menemukan produk-produk baru dari social media yang satu ini. Selain itu, 75% lainnya mengatakan bahwa mereka terinspirasi untuk melakukan sebuah action setelah mereka melihat postingan di Instagram.



Macam-macam iklan Instagram ads
  1. Iklan Foto

Format iklan ini yang diluncurkan pertama kalinya dalam layanan iklan Instagram. Anda bisa membuat konten iklan atau konten sponsor untuk menampilkan produk atau jasa yang ditawarkan.

Di sini Anda juga bisa memasukkan call-to-action (CTA) atau link yang mengarah ke halaman website yang diinginkan. Misalnya saja “Shop Now”, “Install Now”, “Sign Up” dan lainnya.

Namun ingat, untuk bisa memasukkan link dalam iklan ini, akun Instagram Anda wajib memiliki minimal 10 ribu follower lebih dulu.

  1. Iklan Carousel

Dengan menggunakan jenis iklan Instagram berbentuk carousel, Anda bisa memasang beberapa foto dalam satu iklan. Anda juga bisa memasukkan link untuk mengarahkan target ke halaman website Anda.

Pastikan Anda memilih dan memasang iklan carousel sekreatif mungkin. Tampilkan cerita antara gambar atau foto yang satu dengan yang lainnya sesuai urutan. Atau tampilkan produk yang diiklankan dengan menggunakan berbagai gambar atau foto.

Jenis iklan Instagram ini sangat bermanfaat tidak hanya untuk Anda sebagai pengiklan, namun juga pelanggan potensial. Pasalnya pelanggan bisa mendapat lebih banyak lagi informasi dari sejumlah konten di iklan ini.

  1. Iklan Video

Untuk menghadirkan elemen sinematik dan sesuatu yang unik, Instagram meluncurkan layanan iklan untuk video selama 30 detik. Jenis iklan Instagram ini memungkinkan pengiklan untuk menarik perhatian audiens melalui konten audio visual, dengan ketentuan berikut ini.



Mengapa Perlu Beriklan di Instagram?

Dengan lebih dari 700 juta pengguna, saat ini Instagram merupakan pemimpin di dunia platform media sosial. Menurut laporan yang diberikan Instagram, jumlah ini pun semakin meningkat setiap tahunnya.

Selain itu, menurut Forrester Instagram adalah Raja media sosial dengan presentase engagement sebesar 4,21%. Sementara itu Facebook dan Twitter hanya mencapai 0,10%.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan beriklan di Instagram:

  • Jumlah user Instagram selalu bertambah
  • Instagram terhubung dengan Facebook sehingga semakin memudahkan Anda untuk mengidentifikasi target, pembuatan konten hingga penjadwalan tayang iklan
  • Iklan Instagram tidak mengganggu user yang tidak ditargetkan
  • Tingkat engagement jauh lebih tinggi dibandingkan media sosial lainnya
  • Anda bisa mengukur keefektivitasan iklan berdasarkan awareness, reach dan recall
  • Instagram menghasilkan ROI (Return of Investment) yang cepat

 

Kunjungi juga konten lainnya:

 




Admin Media