Jenis-Jenis Perencanaan Produksi

Jenis-Jenis Perencanaan Produksi

Pengambilan keputusan pemimpin perusahaan seringkali di hadapkan padasituasi yang tidak stabil. Oleh karena itu, teknik-teknik peramalan pada bagianproduksi diperlukan untuk perencanaan produksi, agar tidak terjadi pemborosanbiaya. Perencanaan produksi merupakan suatu fungsi dari manajemen yang dalamperencanaannya ditentukan usaha-usaha dan tindakan-tindakan yang perlu diambil oleh pimpinan perusahaan serta mempertimbangkan masalah yang akan timbulpada masa yang akan datang, sebelum membuat perencanaan harus diperhatikanmasalah-masalah yang timbul yaitu masalah yang datang dari dalam perusahaandan dari luar perusahaan.



Jenis-Jenis Perencanaan Produksi

  • Perencanaan produksi yang terdapat dalam suatu perusahaan dibedakanberdasarkan sebagai berikut menurut Jay Heizer dan Barry Render (2014 : 433)yaitu sebagai berikut :
    1. Perencanaan produksi jangka pendek adalah penentuan kegiatan produksiyang akan dilakukan dalam jangka waktu kurang dari tiga bulan, perencanaanini mencakup penugasan pekerjaan, pemesanan, penjadwalan pekerjaan, danpenyelesaian produksi.
    2. Perencanaan produksi jangka menengah adalah penentuan keiatan produksidalam jangka waktu tiga sampai delapan belas bulan, perencanaan ini mencakup perencanaan penjualan, perencanaan dan penganggaran produksi,penetapan tingkat tenaga kerja dan persediaan serta analisis rencana-rencanaoperasi.
    3. Perencanaan produksi jangka panjang adalah penenuan kegiatan produksiyang akan dilakukan lebih dari satu tahun, perencanaan ini mencakuppenelitian dan pengembangan, rencana produk baru, serta penentuan lokasidan fasilitas.



  • Berdasarkan jangka waktu, maka perencanaaan produksi dapat dibedakan menjaditiga jenis yaitu :
    1. Perencanaan produksi jangka panjang
      Lama perencanaan yang terjadi sekitar 2 – 10 tahun dengan tujuanmerencanakan strategi pengenbangan perusahaan.
    2. Perencanna produksi jangka menengah
      Lama perencanaan sekitar 1 – 24 bulan, bertujuan untuk merencanakan kerjasuatu perusahaan agar dengan kapasitas dan fasilitas yang dimiliki daptmemenuhi permintaan yang berfluktuasidengan biaya minimum.
    3. Perencanaan produksi jangka pendek
      Lama perencanna sekitar 1 – 30 hari digunakan untuk menghasilkan produkmelalui penjadwalan.

 

 

 

Pembahasan lainnya : 

 

 






 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-05-25 01:02:48.

Manajemen Produksi