Tujuan Perencanaan Produksi Adalah Sebagai Berikut

Tujuan Perencanaan Produksi Adalah Sebagai Berikut

Secara umum produksi diartikan sebagai suatu kegiatan atau prosesyang menstranformasikan masukan (input) menjadi hasil keluaran (output).Dalam pengertian yang bersifat umum ini penggunaannya cukup luas, sehinggamencakup keluaran (output) yang berupa barang atau jasa. Dalam arti sempit,pengertian produksi hanya dimaksud sebagai kegiatan yang menghsilkanbarang, baik barang jadi maupun barang setengah jadi, bahan industri dan sukucadang atau spare parts dan komponen. Hasil produksinya dapat berupabarang-barang konsumsi maupun barang-barang industri.



Sistem produksi adalah suatu rangkaian dari beberapa elemen yang saling berhubungan dansaling menunjang antara satu dengan yang lain untuk mencapai suatu tujuantertentu (Nasution & Yudha, 2008). Dengan demikian yang dimaksud dengansistem produksi adalah merupakan suatu gabungan dari beberapa unit atauelemen yang saling berhubungan dan saling menunjang untuk melaksanakanproses produksi dalam suatu perusahaan tertentu. Adapun tujuan diadakannya perencanaan produksi adalah sebagai berikut(Assauri, 1980) :



Tujuan Perencanaan Produksi Adalah

  1. Untuk mencapai tingkat atau level keuntungan (profit) yang tertentu, misalnyaberapa hasil (output) yang di produksi supaya dapat mencapai tingkat atau levelprofit yang diinginkan dan tingkat presentase tertentu dari keuntungan terhadappenjualan (sales) yang diinginkan.
  2. Untuk menguasai pasar tertentu, sehingga hasil dan output perusahaan ini tetapmempunyai bagian pasar tertentu.
  3. Untuk mengusahakan supaya perusahaan dapat berproduksi pada tingkatefektif dan efisiensi tertentu.
  4. Untuk mempertahankan pekerjaan dan kesempatan kerja yang sudah ada tetappada tingkatnya dan berkembang.
  5. Menggunakan sebaik-baiknya (efisien) fasilitas yang ada pada perusahaan.

 

 

Pembahasan lainnya : 

 

 






 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-05-24 22:07:59.

Manajemen Produksi