Faktor Yang Berpengaruh dalam Perencanaan Produksi

Faktor Yang Berpengaruh dalam Perencanaan Produksi

Perencanaan produksi dapat didefinisikan sebagai proses untukmemproduksi barang-barang pada suatu periode tertentu sesuai denganyangdiramalkan atau dijadwalkan melalui pengorganisasian sumber daya seperti tenagakerja, bahan baku, mesin dan peralatan lainnya. Perencanaan produksi menuntutpenaksir atas permintaan produk atau jasa yang diharapkan akan disediakanperusahaan di masa yang akan datang. Dengan demikian, peramalan merupakanbagian integral dari perencanaan produksi. (Buffa & Sarin, 1996).



  • Suprijono (1982:4) menyatakan bahwa perencanaan itu mengandungbeberapa aspek, yaitu: (1) Penentuan tujuan yang akan dicapai; (2) Memilihdanmenentukan cara yang akan ditempuh dari semua alternative yang mungkindipilih;(3) Usaha-usaha atau langkah-langkah yang akan ditempuh dari semua alternatif.
  • Perencanaan merupakan salah satu fungsi dari manajemen ,dimanadalamperencanaan tersebut ditentukan usaha-usaha dan tindakan-tindakan yangakanatauperlu diambil oleh pimpinan peusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Assauri, (2011:12) mengatakan bahwa perencanaan memegang penting dalam:(1)Menetukan tujuan-tujuan itu sendiri; (2) Agar tujuan-tujuan itu diintegrasikan; (3)Pengawasan.



Perencanaan produksi tidak dapat terlepas dari faktor-faktor yang terdapatdalam perusahaan maupun diluar perusahaan. adapun faktor-faktor dalamperencanaan produksi, antara lain :

  1. Faktor intern merupakan faktor yang berasal dari dalam lingkup perusahaanmisalnya kepuasan pemimpin, modal, kapasitas mesin, produktivitas tenagakerja, kemampuan penyediaan bahan.
  2. Faktor ekstern merupakan faktor yang berasal dari luar perusahaan misalnyakebijakan pemerintah, permintaan pasar.

 

 

 

Pembahasan lainnya : 

 

 






 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-05-24 04:36:48.

Manajemen Pemasaran