Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian

Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian

Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian

Variabel word of mouth memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian yang ditunjukkan oleh nilai koefisien jalur (β) sebesar 0,627 dengan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05) dan koefisien determinasi sebesar 39,4%. Hasil uji ini menunjukkan bahwa variabel word of mouth memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan kontribusi 39,4%, sedangkan 60,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.



Hasil penelitian menunjukan bahwa word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian walaupun pengaruhnya cukup kecil yaitu sebesar 39,4%. Hal tersebut dapat dijelaskan bahwa Kober Mie Setan yang terletak di jalan Simpang Soekarno-Hatta nomor 1-2 Malang mempunyai lokasi yang strategis karena terletak di pinggir jalan besar dan depan Politeknik Negeri Malang dengan nama kuliner menu yang unik sehingga melekat di benak konsumen ketika berkunjung di Kober Mie Setan. Informasi positif yang didapat oleh calon konsumen mengenai Kober Mie Setan mendorong untuk melakukan keputusan pembelian pada Kober Mie Setan. Hasil penelitian ini didukung oleh teori yang dikemukakan oleh Molinari, Abralt and Dion (2008) yaitu pembelian dan positif word of mouth saling berhubungan. Konsumen akan melakukan kegiatan word of mouth dan menceritakan pengalaman mereka setelah mengkonsumsi produk kepada orang lain seperti sahabat, kerabat, dan teman. Apabila pengalaman yang diperoleh positif maka word of mouth yang dilakukan juga positif dan begitu pula sebaliknya.

Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Hidayati (2013) bahwa indikator yang berpengaruh dominan dalam keputusan pembelian adalah organic word of mouth dibandingkan dengan amplified word of mouth, hal tersebut ditunjukkan dengan banyak kelompok responden yang setuju pada indikator organic word of mouth.



Berdasarkan Teori Perilaku Konsumen yang menyatakan bahwa Perilaku konsumen adalah perilaku yang diperlihatkan oleh konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka, harapkan dapat memuaskan kebutuhannya. Didalam Word of Mouth (WOM) Pernyataan yang dibuat oleh konsumen aktual, potential atau konsumen sebelumnya mengenai produk secara langsung ataupun melalui media internet dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Penelitian ini didukung oleh Nadya Cecilia Pongpare Munda yang menyatakan terdapat pengaruh signifikan antara Word Of Mouthterhadap keputusan pembelian.

H3 = Terdapat Pengaruh Signifikan antara Word of Mouth (WOM) terhadap Keputusan Pembelian.

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Manfaat Word Of Mouth
  2. Jenis Jenis Word Of Mouth
  3. Tujuan Promosi Menurut Tjiptono
  4. Tujuan Promosi Menurut Basu Swastha
  5. Jenis-Jenis dan Tingkatan Word Of Mouth
  6. Indikator Promosi Menurut Tjiptono 2008
  7. Dimensi Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  8. Faktor Yang Mempengaruhi Word Of Mouth
  9. Indikator Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  10. Pengertian Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  11. Proses Keputusan Pembelian Model Lima Tahap
  12. Karakteristik Word Of Mouth Menurut Para Ahli
  13. Hubungan Word Of Mouth dengan Keputusan Pembelian
  14. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Promosi
  15. Alat-Alat Yang Dapat Dipergunakan Untuk Mempromosikan Produk
  16. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen

 

 

 






 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-05-18 21:16:09.

Manajemen Pemasaran