Pengertian Pengendalian Persediaan Bahan Baku Menurut Para Ahli

Pengertian Pengendalian Persediaan Bahan Baku Menurut Para Ahli

Menurut Sofjan Assauri (2004 : 12), manajemen produksi dan operasi merupakan proses pencapaian dan pengoptimalisasian sumber-sumber daya untuk memproduksi atau menghasilkan barang-barang atau jasa-jasa yang berguna sebagai usaha untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi. Berikut ini merupakan pengertian  dari pengendalian persediaan bahan baku yang diungkapkan menurut para ahli adalah sebagai berikut..



Pengertian Pengendalian Persediaan Bahan Baku Menurut Para Ahli

  1. Menurut Freddy Rangkuti (2004:25), pengawasan persediaan merupakan salah satu fungsi manajemen yang dapat dipecahkan dengan menerapkan metode kuantitatif.
  2. Menurut pendapat Assauri (2004:176), pengendalian persediaan merupakan salah satu kegiatan dari urutan kegiatan-kegiatan yang berurutan erat satu sama lain dalam seluruh operasi produksi perusahaan tersebut sesuai dengan apa yang telah direncanakan lebih dahulu baik waktu, jumlah, kuantitas, maupun biayanya.
  3. Agus Sartono (2008 : 453), mengemukakan bahwa “Pengendalian Sistem Persediaan merupakan sistem yang dapat dipergunakan untuk menentukan tingkat persediaan yang tepat atau suatu sistem yang dapat menekan tingkat persediaan pada tingkat yang sangat rendah sehingga menjadi perputaran persediaannya akan sangat tinggi.
  4. Herjanto (2008:238), mengatakan bahwa pengendalian persediaan adalah serangkaian kebijakan pengendalian untuk menentukan tingkat persediaan yang harus dijaga, kapan pesanan untuk menambah persediaan harus dilakukan dan berapa besar pesanan harus diadakan, jumlah atau tingkat persediaan yang dibutuhkan berbeda-beda untuk setiap perusahaan pabrik, tergantung dari volume produksinya, jenis perusahaan dan prosesnya.
  5. Menurut Agus Ristono (2009:4), pengelolaan persediaan adalah kegiatan dalam memperkirakan jumlah persediaan (bahan baku/penolong) yang tepat, dengan jumlah yang tidak terlalu besar dan tidak pula kurang atau sedikit dibandingkan dengan kebutuhan atau permintaan.

Dari pendapat para ahli dapat diuraikan kembali yaitu pengendalian persediaan merupakan serangkaian kegiatan memperkirakan atau merencanakan jumlah persediaan dengan tepat, agar tidak terjadi kerugian saat produksinya. Dengan tidak terjadi kerugian maka akan meningkatkan laba perusahaan.

 



 

 

Pembahasan lain : 

  1. Tujuan Persediaan Bahan Baku
  2. Metode Pengendalian Persediaan
  3. Anggaran Pembelian Bahan Baku
  4. Jenis-Jenis Persediaan dan Contohnya
  5. Biaya Biaya Yang Ada Dalam Persediaan
  6. Pengertian Bahan Baku Menurut Para Ahli
  7. Faktor Yang Mempengaruhi Luas Produksi
  8. Pengertian Proses Produksi Menurut Para Ahli
  9. Pengertian Manajemen Produksi Menurut Para Ahli
  10. Faktor-Faktor Yang Menentukan Persediaan Bahan Baku

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-05-08 03:48:22.

Manajemen Produksi