Faktor Yang Mempengaruhi Luas Produksi

Faktor Yang Mempengaruhi Luas Produksi

Setiap perusahaan mempunyai sumber daya yang terbatas yang dipergunakan dalam kegiatan produksi. Sumber daya tersebut merupakan batasan dalam menentukan luas produksi optimal. Yang dimaksud dengan optimal disini adalah perolehan laba yang maksimum. Sumber daya tersebut, yang dinamakan juga faktor-faktor produksi, dalam proses produksi akan menghasilkan barang atau jasa yang mempunyai faedah atau manfaat baru yang sesuai dengan keinginan konsumen dan tujuan perusahaan. Sumber daya atau faktor-faktor produksi tersebut diantaranya adalah :



Faktor Yang Mempengaruhi Luas Produksi

  1. Bahan baku
    Bahan baku merupakan bahan utama dalam membuat suatu produk. Suatu perusahaan tidak mungkin memproduksi melebihi bahan baku yang tersedia. Dengan bahan baku yang tersedia dalam jumlah yang terbatas akan dapat dihasilkan suatu produk dalam jumlah yang terbatas pula Dengan demikian, bila perusahaan ingin menghasilkan produk dalam jumlah tertentu maka harus menyediakan sejumlah tertentu bahan baku.
  2. Kapasitas mesin
    Kapasitas mesin merupakan kemampuan mesin untuk berproduksi dalam suatu periode. Produk yang akan dihasilkan perusahaan harus sesuai dengan kapasitas mesin yang ada. Walaupun jumlah permintaan besar ataupun mempunyai bahan baku yang besar tetapi hasil produksi tidak akan melampaui kapasitas mesin yang dimiliki.
  3. Tenaga kerja
    Untuk menghasilkan produk yang diinginkan dalam jumlah tertentu, diperlukan sejumlah tenaga kerja yang digunakan dalam proses produksi yang penempatannya disesuaikan dengan kemampuan pekerja Namun tenaga kerja yang tersedia dalam perusahaan jumlahnya terbatas dengan kemampuan yang terbatas pula sehingga menjadi batasan dalam menentukan kuantitas hasil produksi.
  4. Batas permintaan
    Batasan permintaan merupakan target dalam memproduksi barangbarang untuk keperluan pasar. Bagi perusahaan yang berproduksi berdasarkan pesanan akan memproduksi barang atau jasa tersebut menurut banyaknya permintaan.
  5. Terbatasnya uang kas
    Uang kas yang dimiliki merupakan sumber pembiayaan terhadap segala keperluan perusahaan, diantaranya keperluan produksi. Uang kas yang terbatas akan membatasi kemampuan perusahaan dalam melakukan proses produksi.

Dengan sumber daya yang dimiliki yang sangat terbatas, perusahaan harus menentukan jenis serta jumlah barang atau jasa yang dapat diproduksi seoptimal mungkin sehingga akan memperoleh keuntungan yang maksimum. Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa luas produksi optimal yang akan memaksimalkan keuntungan dapat dicapai dengan alokasi faktorfaktor produksi yang tepat.

 

 



 

 

Pembahasan lain : 

  1. Tujuan Persediaan Bahan Baku
  2. Metode Pengendalian Persediaan
  3. Anggaran Pembelian Bahan Baku
  4. Jenis-Jenis Persediaan dan Contohnya
  5. Biaya Biaya Yang Ada Dalam Persediaan
  6. Pengertian Bahan Baku Menurut Para Ahli
  7. Pengertian Proses Produksi Menurut Para Ahli
  8. Pengertian Pengendalian Persediaan Bahan Baku
  9. Pengertian Manajemen Produksi Menurut Para Ahli
  10. Faktor-Faktor Yang Menentukan Persediaan Bahan Baku

 

 






 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-05-08 02:53:03.

Manajemen Produksi