Tipe Komitmen Pada Organisasi

Tipe Komitmen Pada Organisasi

Kesediaan individu untuk memberikan hasil karya dan prestasi kerjanya terhadap organisasi atau lembaga secara loyal merupakan sebuah ikatan atau komitmen yang di miliki oleh seorang individu tersebut. Ikatan atau komitmen dapat berasal dari diri individu sendiri tanpa ada yang mempengaruhi, namun ada juga komitmen yang di buat individu dipengaruhi orang lain ataupun organisasi itu sendiri.

Menurut Schermerhorn, Hunt, Osborn dan Uhl-Bein dalam Wibowo (2017 : 214) mengemukakan bahwa terdapat dua dimensi komitmen organisasional, yaitu : Rational Comitment dan Emotional Comitment. Ratioanl Commitment mencerminkan bahwa pekerjaan memberikan pelayanan pada kepentingan financial, pengembangan, dan professional individu. Sedangkan Emotional Commitment mencerminkan perasaan bahwa apa yang di lakukan seseorang adalah penting, berharga dan memberikan manfaat nyata bagi orang lain.



Tipe Komitmen Pada Organisasi

Sedangkan menurut Newstrom dalam Wibowo (2017:215) membedakan adanya tiga bentuk komitmen, dengan penjelasan sebagai berikut :

  1. Affective Commitment, suatu tingkat emosional positif di mana pekerja ingin mendesak usaha dan memilih untuk tetap dengan organisasi.
  2. Normative Commitment, merupakan pilihan untuk tetap terikat karena budaya yang kuat atau etika familial yang mendorong mereka melakukan demikian. Mereka yakin harus berkomitmen karena sistem keyakinan orang lain dan milik mereka internalisasi norma dan perasaan sebagai kewajiban.
  3. Continuance Commitment, mendorong pekerja tetap tinggal karena investasi tinggi mereka dalam organisasi, dalam waktu dan usaha, dan kerugian ekonomi dan social mereka akan terjadi apabila mereka meninggalkan.

 

 

Pembahasan terkait Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-04-15 10:53:24.

Uncategorized