Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli

Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli

Lingkungan kerja merupakan bagian komponen yang sangat penting ketika karyawan melakukan aktivitas bekerja. Dengan memperhatikan lingkungan kerja yang baik atau menciptakan kondisi kerja yang mampu memberikan motivasi untuk bekerja, maka akan membawa pengaruh terhadap kegairahan atau semangat karyawan dalam bekerja.

Lingkungan kerja yang kondusif memberikan rasa aman dan memungkinkan karyawan untuk dapat bekerja optimal. Kesesuaian lingkungan kerja dapat dilihat akibatnya dalam jangka waktu yang lama lebih jauh lagi. Lingkungan kerja yang kurang baik dapat menuntut tenaga kerja dan waktu yang lebih banyak dan tidak mendukung diperolehnya rancangan sistem kerja yang efisien. Berikut ini adalah pengertian lingkungan kerja menurut para ahli :



Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli

  1. Menurut Nitisemito, lingkungan kerja adalah sesuatu yang ada disekitar para pekerja dan yang mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas-tugas yang dibebankan.
  2. Menurut Bambang adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja seorang pegawai.
  3. Menurut (Simanjuntak, 2003:39) lingkungan kerja dapat diartikan sebagai keseluruhan alat perkakas yang dihadapi, lingkungan sekitarnya dimana seorang bekerja, metode kerjanya, sebagai pengaruh kerjanya baik sebagai perorangan maupun sebagai kelompok.
  4. Lingkungan kerja adalah sesuatu yang ada di lingkungan para pekerja yang dapat mempegaruhi dirinya dalam menjalankan tugas seperti temperatur, kelembapan, ventilasi, penerangan, kegaduhan, kebersihan tempat kerja dan memadai tidaknya alat-alat perlengkapan kerja.(Isyandi, 2004:134).
  5. Menurut (Mardiana, 2005:78) lingkungan kerja adalah lingkungan dimana pegawai melakukan pekerjaannya sehari-hari.
  6. Sedarmayanthi (2009) mengemukakan bahwa lingkungan kerja adalah tempat dimana karyawan melakukan aktivitas setiap harinya. Lingkungan kerja yang kondusif memberikan rasa aman dan memungkinkan karyawan untuk dapat bekerja optimal. Lingkungan kerja dapat mempengaruhi emosional karyawan. Lingkungan kerja merupakan keseluruhan alat perkakas dan bahan yang dihadapi, lingkungan sekitar dimana ia bekerja, metode kerjanya baik perorangan maupun kelompok.
  7. Lingkungan kerja menurut Sutrisno (2009) dalam Suwondo dan Sutanto (2015) lingkungan kerja adalah keseluruhan sarana dan prasarana kerja yang ada disekitar karyawan yang sedang melakukan pekerjaan yang dapat mempengaruhi pelaksanaan pekerjaan.
  8. Menurut (Nitisemito dalam Nuraini 2013:97) linkungan kerja adalah segala sesuatu yang ada disekitar karyawan dan dapat mempengaruhi dalam menjalankan tugas yang diembankan kepadanya misalnya dengan adanya air conditioner (AC), penerangan yang memadai dan sebagainya.
  9. Menurut Sedarmayanti dalam Desi (2015, p.25) lingkungan kerja adalah keseluruhan alat perkakas dan bahan yang dihadapi, lingkungan sekitarnya dimana seseorang bekerja, metode kerjanya, serta pengaturan kerjanya baik sebagai perseorangan maupun sebagai kelompok.
  10. Menurut Danang (2015, p.38) lingkungan kerja adalah segala sesuatu yang ada disekitar para pekerja dan yang dapat mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas-tugas yang dibebankan.
  11. Lingkungan kerja menurut Afandi (2018:66) adalah sesuatu yang ada dilingkungan para pekerja yang dapat mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas seperti temperature, kelembaban, pentilasi, penerangan, kegaduhan, kebersihan tempat kerja, dan memadai tidaknya alat-alat perlengkapan kerja. Lingkungan kerja dapat diartikan sebagai keseluruhan alat perkakas yang dihadapi, lingkungan sekitarnya dimana seorang pekerja, metode kerjanya, sebagai pengaruh kerjanya baik sebagai perorangan maupun sebagai kelompok.



Seorang pegawai yang bekerja di lingkungan kerja yang mendukung dia untuk bekerja dengan maksimal akan menghasilkan kinerja yang baik, sebaliknya jika seorang pegawai bekerja dalam lingkungan kerja yang tidak mendukung dan memadai, maka untuk bekerja dengan maksimal akan membuat pegawai yang bersangkutan menjadi cepat malas, cepat lelah sehingga kinerja pegawai tersebut akan rendah.

Dari beberapa defenisi diatas dapat disimpulkan bahwa lingkungan kerja adalah segala sesuatu yang ada disekitar para pekerja/karyawan yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja karywan dalam melaksanakan pekerjaannya sehingga akan diperoleh hasil kerja yang maksimal, dimana dalam lingkungan kerja tersebut terdapat fasilitas kerja yang mendukung karyawan dalam penyelesaian tugas yang bebankan kepada karyawan guna meningkatkan kerja karyawan dalam suatu perusahaan.

 

 

Pembahasan terkait : 

 

 



 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Contoh Asas Motivasi Kerja
  2. Manfaat Pembinaan Karyawan
  3. Kriteria Pemberian Kompensasi
  4. Kelompok Sumber Daya Manusia
  5. Jenis Jenis Lingkungan Kerja Fisik
  6. Metode Motivasi Menurut Hasibuan
  7. Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli
  8. Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli
  9. Jenis Jenis Lingkungan Kerja Non Fisik
  10. Pengertian dan Tujuan Mutasi Pegawai
  11. Unsur Unsur Penilaian Kinerja Pegawai
  12. Tujuan Pelatihan Pegawai Menurut Ahli
  13. Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
  14. Konsep Model Motivasi Banyak Macamnya
  15. Faktor Faktor Kepuasan Kerja Menurut Ahli
  16. Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai
  17. Komponen Manajemen Sumber Daya Manusia
  18. Program Pengembangan Kompetensi Pegawai
  19. Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli
  20. Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia
  21. Jenis Jenis Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli
  22. Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli
  23. Kriteria Penilaian Kinerja Karyawan Menurut Ahli
  24. Pengaruh Disiplin Kerja Dengan Kinerja Karyawan
  25. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan
  26. Dimensi dan Indikator Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli
  27. Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik Menurut Sedarmayanti
  28. Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli
  29. Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli
  30. Peranan Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli
  31. Faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli
  32. Pengertian Pengembangan Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli
  33. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Menurut Robbins
  34. Fungsi Manajerial dan Operasional Manajemen Sumber Daya Manusia
  35. Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Menurut Mangkunegara
  36. Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli

 

 






How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-04-14 10:26:34.

Manajemen SDM