Unsur-Unsur Kinerja Karyawan Menurut Ahli

Unsur-Unsur Kinerja Karyawan Menurut Ahli

Unsur-unsur kinerja yang dinilai untuk seorang pegawai menurut ahli Malayu S.P Hasibuan (2012;95) adalah sebagai berikut :



Unsur Unsur Penilaian Kinerja Pegawai

  1. Kesetiaan
    Penilai mengukur kesetiaan karyawan terhadap pekerjaannya, jabatannya, dan organisasi. Kesetiaan ini dicerminkan oleh kesediaan karyawan menjaga dan membela organisasi di dalam maupun di luar pekerjaan dari rongrongan orang yang tidak bertanggung jawab.
  2. Prestasi Kerja
    Penilai menilai hasil kerja baik kualitas maupun kuantitas yang dapat dihasilkan karyawan tersebut dari uraian pekerjaannya.
  3. Kejujuran
    Penilai menilai kejujuran dalam melaksanakan tugastugasnya memenuhi perjanjian baik bagi dirinya sendiri maupun terhadap orang lain seperti kepada para bawahannya.
  4. Kedisiplinan
    Penilai menilai disiplin karyawan dalam memenuhi peraturan-peraturan yang ada dan melakukan pekerjaannya sesuai dengan instruksi yang diberikan kepadanya.
  5. Kreativitas
    Penilai menilai kemampuan karyawan dalam mengembangkan kreativitasnya untuk menyelesaikan pekerjaannya, sehingga bekerja lebih berdaya guna dan berhasil guna.
  6. Kerjasama
    Penilai menilai kesediaan karyawan berpartisipasi dan bekerjasama dengan karyawan lainnya secara vertical atau horizontal di dalam maupun di luar pekerjaan sehingga hasil pekerjaan akan semakin baik.
  7. Kepemimpinan
    Penilai menilai kemampuan untuk memimpin, berpengaruh, mempunyai pribadi yang kuat, dihormati, berwibawa, dan dapat memotivasi orang lain atau bawahannya untuk bekerja secara efektif.
  8. Kepribadian
    Penilai menilai karyawan dari sikap perilaku, kesopanan, periang, disukai, memberi kesan menyenangkan, memperlihatkan sikap yang baik, serta berpenampilan simpatik dan wajar.
  9. Prakarsa
    Penilai menilai kemampuan berpikir yang orisinal dan berdasarkan inisiatif sendiri untuk menganalisis, menilai, menciptakan, memberikan alasan, mendapatkan kesimpulan, dan membuat keputusan penyelesaian masalah yang dihadapinya.
  10. Kecakapan
    Penilai menilai kecakapan karyawan dalam menyetukan dan menyelaraskan bermacam-macam elemen yang semuanya terlibat di dalam penyusunan kebijaksanaan dan di dalam situasi manajemen.
  11. Tanggung Jawab
    Penilai menilai kesediaan karyawan dalam mempertanggungjawabkan kebijaksanaannya, pekerjaan, dan hasil kerjanya, sarana dan prasarana yang dipergunakannya, serta perilaku kerjanya.

Unsur prestasi karyawan yang dinilai oleh setiap organisasi atau perusahaan tidaklah selalu sama, akan tetapi unsur-unsur yang dinilai pada umumnya mencakup ha-hal yang diuraikan di atas.

 

 

 



 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Manfaat Pembinaan Karyawan
  2. Kriteria Pemberian Kompensasi
  3. Kelompok Sumber Daya Manusia
  4. Metode Motivasi Menurut Hasibuan
  5. Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli
  6. Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli
  7. Pengertian dan Tujuan Mutasi Pegawai
  8. Tujuan Pelatihan Pegawai Menurut Ahli
  9. Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
  10. Konsep Model Motivasi Banyak Macamnya
  11. Komponen Manajemen Sumber Daya Manusia
  12. Program Pengembangan Kompetensi Pegawai
  13. Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia
  14. Kriteria Penilaian Kinerja Karyawan Menurut Ahli
  15. Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli
  16. Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli
  17. Peranan Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli
  18. Pengertian Pengembangan Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli
  19. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Menurut Robbins
  20. Fungsi Manajerial dan Operasional Manajemen Sumber Daya Manusia
  21. Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Menurut Mangkunegara

 

 

 






 

# tag

unsur-unsur kinerja karyawan menurut para ahli unsur unsur kinerja karyawan unsur unsur dalam penilaian kinerja karyawan unsur unsur dalam kinerja pegawai unsur unsur penilaian kinerja pegawai unsur-unsur penilaian kinerja menurut para ahli unsur unsur manajemen kinerja unsur unsur dalam kinerja pegawai unsur unsur sistem manajemen kinerja unsur unsur dalam penilaian kinerja karyawan

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-04-14 09:48:50.

Manajemen SDM