Teori Motivasi dan Contohya

Teori Motivasi dan Contohya

Terdapat banyak teori motivasi yang mulai berkembang pada dasawarsa 1950- an. Setidaknya ada enam teori yang akan dibahas untuk memahami apa yang dimaksud dengan motivasi. Setiap teori akan berusaha untuk menguraikan berbagai manusia itu dan dapat menjadi seperti apa. Oleh karenanya, sebuah teori motivasi mempunyai isi dalam bentuk pandangan tertentu mengenai manusia. Isi teori motivasi membantu kita memahami dunia ke terlibatan manajer dan karyawan saling terlibat setiap hari. Kerena teori motivasi mencakup pengembangan manusia, isi dari teori motivasi juga membantu manajer dan karyawan dalam dinamika kehidupan organisasi (Dell, 1991, dalam Wahjono: 78).

  • Frederick Taylor menyatakan bahwa pekerja hanya termotivasi semata-mata karena uang. Konsep ini menyatakan bahwa seseorang akan menurun semangat kerjanya bila upah yang diterima dirasa terlalu sedikit atau tidak sebanding dengan pekerjaan yang harus dilakukan Griffin, (1998:259).



Teori Motivasi dan Contohya

Terdapat 5 teori motivasi yang sering digunakan, yaitu :

  1. Teori Hierarki Maslow
    Teori Hierarki dikemukakan oleh Abraham Maslow, seorang psikologi di tahun 1943. Dalam teori ini dikatakan bahwa tingkatan kebutuhan hidup manusia didasarkan pada 5 jenis, mulai dari kebutuhan mendasar hingga kebutuhan yang paling tinggi.
  2. Teori ERG Alderfer
    Teori ERG Alderfer dikemukakan oleh Aldefer yang diambil dari bentuk persamaan Existence (E) yang berarti eksistensi kebutuhan, seperti fisiologis dan materialistis, Relatedness (R) yang menyatakan hubungan dengan pihak lainnya, serta Growth (G) yang diartikan sebagai kebutuhan tumbuh untuk mencapai potensi diri yang maksimal.
  3. Teori Kebutuhan McClelland
    David McClelland merupakan seorang psikolog yang mengemukakan pendapatnya mengenai teori dalam motivasi yang dibagi kedalam 3 jenis kebutuhan, yaitu kebutuhan prestasi (need for achievement), kebutuhan afiliasi (need for affiliation) dan kebutuhan akan kekuasaan (need for power).
  4. Teori Motivasi Hygiene Herzberg
    Teori Herzberg sering disebut juga sebagai teori dua faktor yang berbeda, yakni tingkat kepuasan dan ketidakpuasan dalam bekerja atau disebut juga dengan teori M-H.
  5. Teori Harapan Vroom
    Victor Vroom yang merupakan seorang profesor di Kanada mengungkapkan teori motivasi dalam bukunya Work and Motivation yang berbunyi bahwa “Seseorang akan melakukan suatu tindakan karena mengharapkan hasil atau imbalan”.

 

 



 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Asumsi Dasar Motivasi
  2. Macam-Macam Motivasi Belajar
  3. Manfaat Motivasi Belajar Bagi Siswa
  4. Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli
  5. Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar
  6. Komponen Manajemen Sumber Daya Manusia
  7. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli
  8. Pengertian Motivasi Belajar Menurut Para Ahli
  9. Tujuan Pemberian Motivasi Menurut Hasibuan

 

 






How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-04-13 22:19:04.

Pendidikan