Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

Secara etimologi kata motivasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu motivation yang artinya daya batin atau dorongan. Sehingga pengertian motivasi adalah segala sesuatu yang mendorong atau menggerakkan seseorang untuk bertindak atau melakukan sesuatu dengan tujuan tertentu. Dalam Siti Mujanah (2019:166), ada beberapa pengertian motivasi menurut para ahli, diantara :



 

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

  1. Weiner, motivasi adalah kondisi internal yang membangkitkan seseorang untuk bertindak, mendorong individu mencapai tujuan tertentu, dan membuat individu tetap tertarik dalam kegiatan tertentu.
  2. Uno, motivasi adalah dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya hasrat dan minat, dorongan dan kebutuhan, harapan dan cita-cita, penghargaan dan penghormatan.
  3. Henry Simamora, motivasi adalah sebuah fungsi dari pengharapan individu bahwa upaya tertentu akan menghasilkan tingkat kinerja yang pada gilirannya akan membuahkan imbalan atau hasil yang dikehendaki.
  4. A. Anwar Prabu Mangkunegara, motivasi adalah suatu kondisi yang berpengaruh membangkitkan, mengarahkan, dan memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja.
  5. G. R. Terry, motivasi adalah sebuah keinginan yang ada pada diri seseorang yang merangsangannya untuk melakukan berbagai tindakan.
  6. Menurut Robbin (2002 : 55) motivasi adalah keinginan untuk melakukan sebagai kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi untuk tujuan-tujuan organisasi, yang dikondisikan oleh kemampuan upaya itu untuk memenuhi suatu kebutuhan individual.
  7. Motivasi adalah kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi untuk tujuan organisasi yang dikondisikan oleh kemampuan upaya itu, dalam memenuhi beberapa kebutuhan individual (Robbins, 2003: 208).
  8. Menurut Robbins (2006) yang dikutip oleh Donni Juni Priansa (2014;201) menyatakan bahwa “motivasi adalah proses yang menunjukkan intensitas individu, arah, dan ketekunan dari upaya menuju pencapaian tujuan”.
  9. Fillmore H. Stanford yang dikutip oleh Anwar Prabu Mangkunegara (2013:93), mengemukakan bahwa “Motivasi sebagai suatu kondisi yang menggerakkan manusia ke arah suatu tujuan tertentu”.
  10. Malayu S.P Hasibuan (2014:92), mengemukakan bahwa “motivasi berasal dari kata latin “MOVERE” yang berarti “DORONGAN atau DAYA PENGGERAK”.
  11. Menurut Malayu S.P Hasibuan (2014:95), “Motivasi adalah pemberian daya penggerak yang menciptakan kegairahan kerja seseorang, agar mereka mau bekerja sama, bekerja efektif dan terintegrasi dalam segala daya upayanya untuk mencapai kepuasan”.
  12. Menurut Harold Koontz yang dikutip oleh Malayu S.P Hasibuan (2014:95), “Motivasi mengacu pada dorongan dan usaha untuk memuaskan kebutuhan atau suatu tujuan”.
  13. Menurut Donni Juni Priansa (2014;200) mengemukakan “Motivasi berasal dari kata latin movere yang berarti dorongan, daya penggerak atau kekuatan yang menyebabkan suatu tindakan atau perbuatan. Kata movere dalam bahasa Inggris sering disepadankan dengan motivation yang berarti pemberian motif, penimbulan motif, atau hal yang menimbulkan dorongan atau keadaan yang menimbulkan dorongan. Secara harfiah motivasi dipahami sebagai pemberian motif. Pegawai bekerja karena memiliki motif. Motif tersebut berkaitan dengan maksud atau tujuan yang ingin diraihnya.”

Dari pengertian motivasi diatas, secara garis besar motivasi dapat diartikan sebagai suatu dorongan atau alasan yang menjadi dasar semangat seseorang dalam melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu.

 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Asumsi Dasar Motivasi
  2. Teori Motivasi dan Contohya
  3. Manfaat Motivasi Belajar Bagi Siswa
  4. Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar
  5. Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli
  6. Pengertian Motivasi Belajar Menurut Para Ahli
  7. Tujuan Pemberian Motivasi Menurut Hasibuan

 

 

 






How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-04-13 21:49:25.

Pendidikan