Fungsi Manajerial dan Operasional Manajemen Sumber Daya Manusia

Fungsi Manajerial dan Operasional Manajemen Sumber Daya Manusia

Hasibuan (2017, p.21) menjelaskan bahwa fungsi manajemen sumber daya manusia meliputi :



Fungsi Manajerial dan Operasional Manajemen Sumber Daya Manusia

  • Fungsi Manajerial

    1. Perencanaan
      Perencanaan (human resource planning) adalah merencanakan tenaga kerja secara efektif dan efesien agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam membantu terwujudnya suatu tujuan. Perencanaan dilakukan dengan menetapkan program kepegawaian.
    2. Pengorganisasian
      Pengorganisasian (organizing) adalah kegiatan untuk mengorganisasi semua karyawan dengan menetapkan pembagian kerja, hubungan kerja, delegasi wewenang, integrasi dan koordinasi dalam bagan organisasi (organization chart).
    3. Pengarahan
      Pengarahan (directing) adalah kegiatan yang mengarahkan semua karyawan agar mau bekerja sama dengan efektif serta efesien dalam membantu tercapainya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat.
    4. Pengendalian
      Pengendalian (Controlling) adalah kegiatan mengendalikan semua karyawan agar menaati peraturan-peraturan perusahaan dan bekerja sesuai dengan yang telah direncanakan. Apabila terdapat penyimpangan atau kesalahan maka diadakan tindakan perbaikan dan penyempurnaan perencanaan.



  • Fungsi Operasional

    1. Pengadaan
      Pengadaan (procurement) adalah proses penarikan, seleksi, perjanjian kerja, penempatan, orientasi, induksi untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pengadaan yang baik akan membantu terwujudnya tujuan perusahaan
    2. Pengembangan
      Pengembangan (development) adalah proses peningkatan keterampilan teknis, teoritis konseptual, dan moral karyawan melalui pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan pelatihan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan pekerjaan masa kini maupun masa depan.
    3. Kompensasi
      Kompensasi (compensation) adalah pemberian balas jasa langsung (direct) dan tidak langsung (indirect), uang dan barang kepada karyawan sebagai imbalan jasa yang diberikan kepada perusahaan. Prinsip kompensasi adalah adil dan layak. Adil artinya sesuai dengan prestasi kerjanya, layak artinya dapat memenuhi kebutuhan primernya serta berpedoman pada batas upah minimum pemerintah dan berdasarkan internal dan eksternal konsistensi.
    4. Pengintegrasian
      Pengintegrasian (integration) adalah kegiatan untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan, agar terciptanya kerja sama yang serasi dan saling menguntungkan. Perusahan memperoleh laba, karyawan dapat memenuhi kebutuhan dari hasil pekerjaannya. Pengintegrasian merupakan hal yang paling penting dan sulit dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, karena mempersatukan dua kepentingan yang bertolak belakang.
    5. Pemeliharaan
      Pemeliharaan (maintenance) adalah kegiatan untuk memelihara atau meningkatkan kondisi fisik, mental, dan loyalitas karyawan, agar mereka tetap mau bekerja sama sampai pensiun. Pemeliharaan yang baik dilakukan dengan program kesejahteraan yang berdasarkan kebutuhan sebagai karyawan serta berpedoman kepada internal dan eksternal perusahaan.
    6. Kedisiplinan
      Kedisiplinan merupakan fungsi dari manajemen sumber daya manusia yang terpenting dan kunci terwujudnya tujuan karena tanpa adanya kedisiplinan yang baik sulit terwujudnya tujuan yang maksimal.
    7. Pemberhentian
      Pemberhentian (separation) adalah putusnya hubungan kerja seseorang dari suatu perusahaan. Pemberhentian ini disebabkan oleh keinginan karyawan, keinginan perusahaan, kontrak kerja berakhir, pensiun dan sebab-sebab lainnya.

 

 



 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Manfaat Pembinaan Karyawan
  2. Kelompok Sumber Daya Manusia
  3. Pengertian dan Tujuan Mutasi Pegawai
  4. Tujuan Pelatihan Pegawai Menurut Ahli
  5. Program Pengembangan Kompetensi Pegawai
  6. Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia
  7. Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli
  8. Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli
  9. Peranan Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli
  10. Pengertian Pengembangan Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

 

 






 

# tag 

tujuan manajemen sumber daya manusia menurut sedarmayanti tujuan manajemen sumber daya manusia menurut cushway tujuan manajemen sumber daya manusia dalam sebuah organisasi

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-04-13 14:10:03.

Manajemen SDM