Tujuan Pelatihan Pegawai Karyawan Menurut Ahli

Tujuan Pelatihan Pegawai Karyawan Menurut Ahli

Kegiatan pembinaan ditujukan membantu pegawai untuk dapat menangani tangung jawabnya di masa datang, dengan memperhatikan tugas dan kewajiban yang dihadapi sekarang.39 Bila pegawai lebih terlatih, terdidik dan lebih ahli, mereka mempunyai perasaan berguna dan percaya diri lebih besar serta lebih bernilai di hadapan rekannya dan masyarakat.40 Dan akhirnya akan terlihat sebuah budaya kinerja organisasi yang kondusif, dinamis mengarah kepada kelancaran pencapaian tujuan organisasi yang sudah ditetapkan.

Pelatihan (training) dimaksudkan untuk memperbaiki penguasaan berbagai keterampilan dan teknik pelaksanaan kerja tertentu berbagai keterampilan dan teknik pelaksanaan kerja tertentu, terinci dan rutin. Pelatihan menyiapkan para pegawai untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan sekarang.



Tujuan Pelatihan Pegawai Menurut Ahli Simamora

Pelatihan merupakan suatu proses pendidikan, yang tujuannya untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan khusus seseorang atau sekelompok orang yang menduduki suatu jabatan atau tugas tertentu. Simamora menyatakan ada 7 (tujuh) bidang yang merupakan tujuan utama pelatihan yaitu :

  1. Memperbaiki Kinerja
    Hal ini diarahkan bagi para pegawai yang kurang trampil dan juga berlaku bagi pegawai baru atau pegawai yang baru dipromosikan yang tidak memiliki keahlian dan kemampuan dibidang baru agar kompeten dipekerjakannya.
  2. Memutakhirkan keahlian para pegawai sejalan dengan kemajuan teknologi.
    Hal ini dilakukan karena perubahan teknologi menuntut perusahaan untuk menyesuaikan diri terhadap kemajuan teknologi agar mampu bersaing dengan perusahaan sejenis sehingga melalui pelatihan para pegawai dapat secara efektif menggunakan teknologi baru untuk diintegrasikan kedalam perusahaan.
  3. Mengurangi waktu belajar bagi pegawai baru supaya menjadi kompeten dalam pekerjaan.
    Pelatihan diarahkan agar pegawai baru menjadi “Job Competence“ yaitu mencapai output atau hasil kerja dan standar kualitas yang diharapkan.
  4. Membantu memecahkan permasalahan operasional.
    Dengan pelatihan diberbagai bidang baik yang dilaksanakan oleh perusahaan maupun konsultan luar diharapkan dapat membantu pegawai memecahkan masalah organisasional dan melaksanakan pekerjaan mereka secara efektif. Manajemen berkewajiban melatih para pegawainya agar tidak terlantar adanya teknologi baru yang belum dikuasainya agar mereka tetap bekerja dan memperoleh penghasilan.
  5. Mempersiapkan pegawai untuk promosi.
    Salah satu cara untuk merekrut, menahan dan memotivasi pegawai adalah melalui pengembangan karier secara sistimatis. Pelatihan adalah unsur kunci dalam sistem pengembangan karier. Pelatihan memberikan jaminan berupa kemampuan kerja bagi pegawai yang diberikan promosi.
  6. Mengorientasikan pegawai terhadap perusahaan.
    Pelatihan dilakukan bagi pegawai baru dengan mengorientasikan mereka terhadap perusahaan agar mereka memiliki kesan yang menyenangkan sehingga puas bekerja dan produktif. Setiap pegawai baru yang memasuki perusahaan biasanya diperkenalkan dahulu tentang pekerjaan yang akan ditanganinya.
  7. Memenuhi kebutuhan pertumbuhan diri.
    Pelatihan diarahkan bagi pegawai yang berorientasi pada prestasi dan suka tantangan terhadap pekerjaan baru. Pelatihan menyediakan aktifitas yang membuahkan efektifitas organisasi yang lebih besar dan meningkatkan pertumbuhan pribadi bagi semua pegawai.



Suatu perusahaan atau organisasi perlu melaksanakan pelatihan bagi pegawai baru maupun pegawai lama yang sudah berpengalaman. Karena pegawai lama yang sudah berpengalaman dan menduduki jabatan tertentu diperusahaan, belum tentu mempunyai kemampuan yang sesuai dengan persyaratan yang diperlukan dalam jabatan tersebut. Dengan diselenggarakannya pelatihan bagi pegawai, akan diperoleh efektivitas dan efisiensi kerja di perusahaan. Dan diharapkan pelatihan dapat meningkatkan kemampuan, keterampilan dan pengetahuan sehingga produktivitas pegawai juga dapat meningkat.

 

 

 

Pembahasan lainnya : 

 

 






 

# tag 

tujuan pelatihan pegawai, tujuan pendidikan dan pelatihan pegawai, tujuan pelatihan karyawan, tujuan pelatihan karyawan menurut para ahli, tujuan diadakan pelatihan karyawan, tujuan pelatihan untuk karyawan baru, tujuan pelatihan kinerja karyawan

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-04-13 11:09:43.

Manajemen SDM