Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Poster adalah media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya yang dipajang di tempat-tempat umum dengan tujuan memberikan informasi kepada masyarakat umum. Poster atau plakat juga adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Poster adalah media yang diharapkan mampu memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya. Berikut ini adalah beberapa pengertian poster menurut para ahli adalah sebagai berikut :



Pengertian Poster Menurut Para Ahli

  1. Sudjana dan Rivai (2005: 51) poster adalah kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya.
  2. Hasnun (2006:253) bahwa poster merupakan gambar atau tulisan di atas kertas atau kain yang dipasang di tempat umum berisi pemberitahuan. Hasnun menambahkan, isi dan tujuan poster beragam. Ada poster yang berisi imbauan kepada masyarakat tentang suatu kegiatan. Ada juga poster yang berisi larangan untuk menghindari perbuatan tertentu. Misalnya poster tentang bahaya narkoba, baik melalui kata-kata maupun gambar. Ada juga poster yang berisi ajakan agar masyarakat mau membeli barang tertentu atau menghadiri acara tertentu.
  3. Kustandi dan Sutjipto (2011:50) menyebutkan bahwa poster merupakan media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan singkat, padat, dan impresif, karena ukurannya yang relatif besar.



Pengertian Poster Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia KKBI

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum yang bisa berupa pengumuman atau iklan.

Berdasarkan pendapat para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa poster diartikan sebagai kombinasi visual yang berisi gambar dan informasi berupa ajakan, pengumuman, atau iklan dengan maksud menarik perhatian dan atau memotivasi tingkah laku yang ditempatkan di tempat umum yang dicetak pada sehelai kertas atau bahan lain dengan ukuran sesuai kebutuhan.

 

 

Pembahasasan lainnya : 

 




 

 

# tag 

pengertian poster menurut para ahli pengertian poster menurut sudjana pengertian poster menurut kamus besar bahasa indonesia definisi poster menurut kbbi adalah brainly pengertian poster menurut kamus besar bahasa indonesia sebutkan jenis-jenis poster berdasarkan isinya pengertian media poster menurut para ahli sebutkan 2 pengertian poster menurut para ahli

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-04-10 15:41:50.

Manajemen Pemasaran