Pengertian Supervisor Menurut Para Ahli

Pengertian Supervisor Menurut Para Ahli

Supervisor dalam bahasa indonesia disebut supervisi, menurut istilah supervisor adalah kegiatan untuk mengawasi jalannya pekerjaan atau proses. Dalam dunia kerja supervisor adalah seseorang yang melakukan aktivitas supervisi, jabatan supervisi ini seringkali diartikan sebagai jabatan penyelia yang berada diatas karyawan biasa (staf/operator) namun masih dibawah dari seorang manajer.

Secara etimologis supervisor berasal dari bahasa inggris yaitu “Supervision”. Super berarti diatas, sedangkan vision berarti penglihatan/ melihat.Jika diartikan secara bebas maka supervision dapat pula dimaknai sebagai melihat dari atas. Namun bukan berarti supervisor ini dapat dimaknai secara harfiah begitu saja, melainkan lebih kepada makna mengawasi orang lain yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki jabatan tinggi kepada karyawan/seorang staf.



Seorang supervisor memiliki pekerjaan yang cukup kompleks dan tidak mudah.Ia harus mampu melakukan pengawasan kepada tim yang berada dibawahnya agar mampu bekerja sesuai standar dan arahan yang ditetapkan oleh perusahaan. Seorang supervisor juga harus mampu bertanggung jawab dan adil terhadap bawahannya. Berikut beberapa pengertian supervisor menurut para ahli adalah sebagai berikut :

Pengertian Supervisor Menurut Para Ahli

  • Raphael, R. Kavanaugh dan Jack D. Ninemeire Supervisor merupakan seseorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan bawahannya.
  • Moekijat (1990), Supervisor yaitu suatu anggota dari perusahaan yang mempertanggungjawabkan pekerjaan kelompoknya kepada tingkatan manajemen yang lebih tinggi.
  • Menurut Sarwoto (1993), Supervisor adalah seseorang di dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab terhadap kelompok kerjanya.



Jadi apabila dideskripsikan menurut arti bahasa inggrisnya, supervisor adalah seseorang yang diberikan wewenang atau seseorang yang mempunyai jabatan tertentu untuk bertindak mengarahkan, mengawasi suatu tata cara yang mengendalikan suatu tata cara yang lainnya.

 






How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-04-10 15:00:16.

Uncategorized