Jenis-Jenis Koperasi Berdasarkan Jenis Usahanya

Jenis-Jenis Koperasi Berdasarkan Jenis Usahanya

“Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya pada prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.” UU No.25/1992 Pasal 1 dalam Rudianto (2010:5). Berdasarkan bidang usaha dan jenis anggotanya, koperasi dapat dikelompokkan ke dalam 4 (empat) jenis, yaitu :



Jenis-Jenis Koperasi Berdasarkan Jenis Usahanya

  1. Koperasi Simpan Pinjam

    Koperasi kredit atau koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang bergerak dalam bidang pemupukan simpanan dana dari para anggotanya, untuk kemudian dipinjamkan kembali kepada para anggota yang memerlukan bantuan dana. Kegiatan utama koperasi simpan pinjam adalah menyediakan jasa penyimpanan dan peminjaman dana kepada anggota koperasi.

  2. Koperasi Konsumen

    Koperasi konsumen adalah koperasi yang anggotanya terdiri dari para konsumen akhir atau pemakai barang atau jasa. Kegiatan utama koperasi konsumen adalah melakukan pembelian bersama.

  3. Koperasi Pemasaran

    Koperasi pemasaran adalah koperasi yang anggotanya terdiri dari para produsen atau pemilik barang atau penyedia jasa. Kegiatan utama koperasi pemasaran adalah untuk membantu para anggotanya memasarkan barang-barang yang mereka hasilkan.

  4. Koperasi Produsen

    Koperasi produsen adalah koperasi yang para anggotanya tidak memiliki badan usaha sendiri tetapi bekerja sama dalam wadah koperasi untuk menghasilkan dan memasarkan barang atau jasa. Kegiatan utama koperasi produsen adalah menyediakan, mengoperasikan, dan mengelola sarana produksi bersama. PSAK No. 27 tahun 2007 dalam Rudianto (2010:5-6).

Jenis koperasi yang penulis ambil dalam penelitian ini adalah koperasi simpan pinjam.

 

 






 

# tag 

jenis-jenis koperasi menurut uu no. 25 tahun 1992 jenis-jenis koperasi apa saja jenis-jenis koperasi dan contohnya jenis-jenis koperasi sebagai berikut kecuali jenis-jenis koperasi adalah sebagai berikut kecuali jenis-jenis koperasi di indonesia jenis-jenis koperasi simpan pinjam sebutkan jenis-jenis koperasi berdasarkan jenis usahanya tuliskan jenis-jenis koperasi berdasarkan jenis usahanya jelaskan jenis-jenis koperasi berdasarkan jenis usahanya yang termasuk jenis-jenis koperasi berdasarkan jenis usahanya yaitu sebutkan dan jelaskan jenis-jenis koperasi berdasarkan jenis usahanya jelaskan jenis-jenis koperasi menurut sifat usahanya macam macam koperasi berdasarkan jenis usahanya jelaskan tentang bentuk-bentuk koperasi berdasarkan jenis usaha keanggotaan dan tingkatannya

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-04-08 22:02:03.

Akuntansi