Web Application Performance Testing Parameters Metrics

Web Application Performance Testing Parameters Metrics

Suatu sistem yang akan diluncurkan perlu dilakukan pengujian terlebih dahulu agar nantinya dapat dilakukan perbaikan sehingga sistem menjadi lebih baik. Salah satu software yang dapat melakukan pengujian sistem adalah Web Application Performance Testing (WAPT).



Web Application Performance Testing Parameters

WAPT adalah software testing yang digunakan untuk menguji tingkat stress suatu web. Stress suatu web adalah kondisi dimana web sudah tidak mampu lagi untuk menangani kondisi yang tidak normal (mencakup kuantitas, frekuensi, maupun volume). Ketika akan meluncurkan sebuah sistem berbasis web di internet, maka yang harus dipastikan adalah sistem tersebut mampu menangani pengakses sejumlah yang sudah ditargetkan. Dalam menentukan jumlah pengakses bukanlah hal yang mudah, namun dengan melakukan stress testing hal ini dapat dilakukan. Dengan hasil stress testing tersebut, bisa diketahui performa sistem web dan dapat diperkirakan apakah dengan infrastruktur yang dimiliki layanan akan berfungsi dengan baik atau tidak saat sistem sistem diluncurkan untuk diakses user.



Stress test in performance testing

  • Performance
    Pengujian performance meliputi lamanya waktu yang dibutuhkan untuk melakukan semua proses (prosessing time) dan waktu respon server (response time) yaitu lamanya waktu yang dibutuhkan pemakai untuk menunggu respon dari server. Menurut penelitian yang dilakukan developer WAPT, ada 3 batas penting untuk nilai waktu respon yaitu :

    1. 0,1 detik adalah waktu respon yang ideal. Pemakai merasa bahwa sistem bereaksi dengan lancar, dan pemakai tidak merasakan gangguan apapun.
    2. 1,0 detik adalah waktu respon tertinggi yang dapat diterima. pemakai masih tidak merasa terganggu, meskipun sistem mengalami kelambatan untuk merespon. Namun waktu respon yang lebih dari 1 detik sudah dikategorikan meresahkan pemakai.
    3. 10 detik adalah batas waktu respon menjadi tidak dapat diterima. Selain itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh developer WAPT jika waktu respon melebihi 8 detik, pemakai akan merasa sangat terganggu dan sebagian besar pemakai lebih memilih untuk meninggalkan situs atau sistem tersebut. Biasanya waktu respon harus secepa mungkin. Interval waktu respon yang paling nyaman adalah 0,1 – 1 detik. Meskipun orang dapat beradaptasi dengan waktu respon yang agak lambat. Namun mereka umumnya tidak puas dengan waktu yang lebih dari 2 detik.
  • Bandwidth
    Pengujian Bandwidth meliputi sent kbit/s dan receive kbit/s. Sent kbit/s artinya berapa menghitung banyak kbit per detik yang dapat dikirimkan ke server. Sedangkan receive kbit/s artinya menghitung berapa banyak kbits per detik yang diterima oleh server.
  • Error
    Pengujian error meliputi timeouts on all hits, http error on all hits dan network error on all hits. Timeouts on all hits menunjukkan persentase tanggapan dengan kesalahan karena timeout dari seluruh halaman. Http error on all hits menunjukkan persentase kesalahan karena http dari seluruh halaman. Network error on all hits menunjukkan persentase tanggapan dengan kesalahan karena jaringan dari seluruh halaman.

 

 



 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Pengertian Basis Data
  2. Perintah SQL Terdiri dari
  3. Pengertian CSS Menurut Para Ahli
  4. Pengertian PHP Menurut Para Ahli
  5. Kelebihan dan Kekurangan MYSQL
  6. Tahapan Membuat Model Waterfall
  7. Pengertian Mysql Menurut Para Ahli
  8. Pengertian HTML Menurut Para Ahli
  9. Pengertian Jquery Menurut Para Ahli
  10. Pengertian Website Menurut Para Ahli
  11. Pengertian Internet Menurut Para Ahli
  12. Pengertian Structured Query Language
  13. Pengertian Bootstrap Menurut Para Ahli
  14. Pengertian Javascript Menurut Para Ahli
  15. Pengertian Javascript Menurut Para Ahli
  16. Pengertian Basis Data & Sistem Basis Data
  17. Pengertian Sistem Pakar Menurut Para Ahli
  18. Pengertian Web Browser Menurut Para Ahli
  19. Pengertian PHPMyAdmin Menurut Para Ahli
  20. Pengertian Adobe Dreamweaver Menurut Para Ahli
  21. Pengertian Metode Pengembangan Perangkat Lunak
  22. Pengertian Aplikasi Berbasis Web Menurut Para Ahli
  23. Pengertian Bahasa Pemrograman Menurut Para Ahli
  24. Kelebihan PHP Dibanding Bahasa Pemrograman Lain
  25. Pengertian Framework Codeigniter Menurut Para Ahli

 

 






 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-04-06 16:51:25.

Sistem Informasi