Pengertian Adobe Dreamweaver Menurut Para Ahli

Pengertian Adobe Dreamweaver Menurut Para Ahli

Dreamweaver adalah software aplikasi desain web visual yang biasa dikenal dengan istilah WYSIWYG (What You See Is What You Get). Dreamweaver tidak hanya dapat digunakan oleh para desainer web, namun juga dapat digunakan oleh programmer untuk membangun halaman interaktif karena Dreamweaver mendukung pula PHP, ColdFusion, ASP.NET dan lain-lain.



Pengertian Macromedia Dreamweaver adalah sebuah software HTML editor profesional yang digunakan untuk mendesain secara visual dan mengelola situs web maupun halaman web. Bilamana kita menyukai untuk berurusan dengan kode-kode HTML secara manual atau lebih menyukai bekerja dengan lingkungan secara visual dalam melakukan editing, Dreamweaver membuatnya menjadi lebih mudah dengan menyediakan tools yang sangat berguna dalam peningkatan kemampuan dan pengalaman kita dalam mendesain web. Berikut ini adalah beberapa pengertian dreamweaver menurut para ahli :



Pengertian Adobe Dreamweaver Menurut Para Ahli

  1. Dikutip dari Jurnal CCIT, menurut Untung Rahardja (2009), berpendapat bahwa “Macromedia Dreamweaver yaitu sebuah program web editor yang dapat digunakan untuk membuat dan mendesain web. Dreamweaver mempunyai kehandalan dalam membuat dan desain web tanpa harus menulis tag-tag HTML satu persatu, dreamweaver juga memiliki kemampuan untuk mendukung program Server Side dan Client Side”.
  2. Menurut Alexander F. K. Sibero (2011:384), berpendapat bahwa “Dreamweaver adalah sebuah produk web developer yang dikembangkan oleh Adobe Systems Inc., sebelumnya produk Dreamweaver dikembangkan oleh Macromedia Inc, yang kemudian sampai saat ini perkembangannya diteruskan oleh Adobe Systems Inc, Dreamweaver dikembangkan dan dirilis dengan kode nama Creative Suite (CS)”.
  3. Wahana Komputer (2012:2), aplikasi ini mengintegrasikan beragam fitur untuk memnuhi kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan pengembangan website, termasuk pembuatan halaman web dan pengelolaannya.
  4. Elcom (2013:1), dreamweaver merupakan software utama yang digunakan oleh desainer web dan programmer web untuk mengembangkan suatu situs web.
  5. Menurut Milician (2012:5), berpendapat bahwa “Dreamweaver CS3 is a powerful Hypertext Markup Language (HTML) editor used by professionals, as well as beginners. (Dreamweaver CS3 adalah Hypertext Markup Language (HTML) editor yang digunakan oleh professional serta pemula”.
  6. Menurut Sadeli (2013:2), “Dreamweaver merupakan suatu perangkat lunak web editor keluaran Adobe System yang digunakan untuk membangun dan mendesain suatu website dengan fitur-fitur yang menarik dan kemudahan dalam penggunaannya”.
  7. Wahana Komputer (2013:2), “Adobe Dreamweaver merupakan program editor halaman web (web page) keluaran adobe systems yang dulu dikenal sebagai macromedia dreamweaver keluaran macromedia”.
  8. Adobe Dreamweaver CS6 adalah suatu perangkat lunak web editor keluaran Adobe System yang digunakan untuk membangun dan mendesain suatu website dengan fitur – fitur yang menarik dan kemudahan dalam penggunaannya. (Sadeli, 2013:2).
  9. Sadeli (2014:12), “Dreamweaver merupakan suatu perangkat lunak web editor keluaran adobe system yang digunakan untuk mengembangkan dan mendesain suatu website dengan fitur-fitur yang menarik dan kemudahan dalam penggunaannya”.

Berdasarkan definisi-definisi di atas, maka dapat disimpulkan dreamweaver adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk membangun atau membuat sebuah web oleh kalangan professional atau pemula.



Ruang Kerja Adobe Dreamweaver

Ruang Kerja atau Workspace adalah bagian keseluruhan tampilan Adobe Dreamweaver. Ruang kerja Dreamweaver terdiri dari Welcome Screen, Menu, Insert Bar, Document Window, CSS Panel, Aplication Panel, Tag Inspector, Property Inspector, Result Panel, dan Files Panel.

  1. Document Window berfungsi menampilkan dokumen yang sedang dikerjakan.
  2. Insert Bar mengandung tombol-tombol untuk menyisipkan berbagai macam objek seperti image, table dan layer ke dalam dokumen.
  3. Document Toolbar berisikan tombol-tombol dan menu pop-up yang menyediakan tampilan berbeda dari Document Window.
  4. Panel Groups adalah kumpulan panel yang saling berkaitan satu sama lainnya yang dikelompokkan dibawah satu judul.
  5. Tag Selector berfungsi menampilkan hirarki tag disekitar pilihan yang aktif pada Design View.
  6. Files Panel digunakan untuk mengatur file-file dan folder-folder yang membentuk situs.
  7. Property Inspector digunakan untuk melihat dan mengubah berbagai properti objek atau teks.



Adobe Dreamweaver CS6 merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe System yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya.

ELCOM (2013:1), “Dreamweaver CS6 adalah sebuah editor professional yang menggunakan HTML untuk mendesain web secara visual dan mengelola situs atau halaman web dengan beberapa kemampuan. Adobe Dreamweaver CS6 memiliki beberapa kemampuan. Versi ini bukan software untuk desain web tetapi juga untuk menyunting kode serta pembuatan aplikasi web antara JSP, PHP, ASP, XML, dan CoulFusion.”

Dreamweaver CS6 tergabung dalam paket Adobe Creative Suite (CS) yang di dalamnya terdapat paket desain grafis, video editing, dan pengembangan web aplikasi. Pada Dreamweaver CS6 terdapat beberapa fitur baru dari versi sebelumnya seperti :

  1. Fluid Grid Layout yang dapat mengatur multi halaman web dengan mudah.
  2. Web Fonts Manager manajemen yang memungkinkan Anda untuk menggunakan font yang tersedia di web server.
  3. CSS Style Panel tambahan untuk membuat grafis seperti bayangan pada elemen tertentu, gradient, membuat sudut oval dan lain sebagainya.
  4. CSS Transitions spesial efek pada elemen, Phone GAP memungkinkan Anda untuk membangun aplikasi smartphone menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Dreamweaver CS6 adalah program untuk membuat website dan Adobe yang paling banyak digunakan saat ini oleh para pengembang website karena program ini canggih namun tetap mudah digunakan.

 



 

 

Pembahasan lainnya : 

  1. Pengertian Basis Data
  2. Perintah SQL Terdiri dari
  3. Pengertian CSS Menurut Para Ahli
  4. Pengertian PHP Menurut Para Ahli
  5. Kelebihan dan Kekurangan MYSQL
  6. Tahapan Membuat Model Waterfall
  7. Pengertian Mysql Menurut Para Ahli
  8. Pengertian HTML Menurut Para Ahli
  9. Pengertian Jquery Menurut Para Ahli
  10. Pengertian Website Menurut Para Ahli
  11. Pengertian Internet Menurut Para Ahli
  12. Pengertian Structured Query Language
  13. Pengertian Bootstrap Menurut Para Ahli
  14. Pengertian Javascript Menurut Para Ahli
  15. Pengertian Javascript Menurut Para Ahli
  16. Pengertian Basis Data & Sistem Basis Data
  17. Pengertian Sistem Pakar Menurut Para Ahli
  18. Pengertian Web Browser Menurut Para Ahli
  19. Pengertian PHPMyAdmin Menurut Para Ahli
  20. Pengertian Metode Pengembangan Perangkat Lunak
  21. Pengertian Aplikasi Berbasis Web Menurut Para Ahli
  22. Pengertian Bahasa Pemrograman Menurut Para Ahli
  23. Kelebihan PHP Dibanding Bahasa Pemrograman Lain
  24. Pengertian Framework Codeigniter Menurut Para Ahli

 

 






 

# tag

pengertian dreamweaver menurut para ahli pengertian dreamweaver cs5 pengertian macromedia dreamweaver pengertian adobe dreamweaver cs6 pengertian adobe dreamweaver menurut para ahli pengertian macromedia dreamweaver 8

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-04-06 16:03:05.

Sistem Informasi