7P Menurut Kotler dan Amstrong

7P Menurut Kotler dan Amstrong

Menurut Kotler (2012:101) menyatakan bahwa bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan suatu perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran.

Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran merupakan alat yang baik yang berada dalam suatu perusahaan, agar dapat mempengaruhi respon sasaran. Dalam bauran pemasaran terdapat seperangkat alat yang dikenaal dalam istilah 4P, yaitu product (produk), price (harga), place (tempat atau saluran distribusi), dan promotion (promosi), sedangkan dalam pemasaran jasa memiliki beberapa alat pemasaran tambahan seperti people (orang), physical evidence (fasilitas fisik), dan process (proses), sehingga dikenal dengan istilah 7P maka dapat disimpulkan bauran pemasaran yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Adapun pengertian 7P menurut Kotler dan Amstrong (2012:62) sebagai berikut :



7P Menurut Kotler dan Amstrong

  1. Produk

    Produk (product), adalah mengelola unsur produk termasuk perencaan dan pengembangan produk atau jasa yang tepat untuk dipasarkan dengan mengubah produk atau jasa yang ada dengan menambah dan mengambil tindakan yang lain yang mempengaruhi bermacam-macam produk atau jasa.

  2. Harga

    Harga (price), adalah suatu sistem menajemen perusahaan yang akan menentukan harga dasar yang tepat bagi produk atau jasa dan harus menentukan strategi yang menyangkut potongan harga, pembayaran ongkos angkut dan berbagai variabel yang bersangkutan.

  3. Distribusi

    Distribusi (place), yakni memilih dan mengelola saluran perdagangan yang dipakai untuk menyalurkan produk atau jasa dan juga untuk melayani pasar sasaran, serta mengembangkan sistem distribusi untuk pengiriman dan perniagaan produk secara fisik.

  4. Promosi

    Promosi (promotion), adalah salah satu unsur yang digunakan untuk memberitahukan dan membujuk pasar tentang produk atau jasa yang baru pada perusahaan melalui iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, maupun publikasi.

  5. Sarana fisik

    Sarana fisik (physical evidence), merupakan hal nyata yang turut mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Unsur yang termasuk dalam sarana fisik antara lain lingkungan atau bangunan fisik, peralatan, perlengkapan, logo, warna dan barang-barang lainnya.

  6. Orang

    Orang (people), adalah semua pelaku yang memainkan peranan penting dalam menyajikan jasa sehingga dapat mempengaruhi persepsi pembeli. Elemen dari orang adalah pegawai perusahaan, konsumen, dan konsumen lain. Semua sikap dan tindakan karyawan, cara berpakaian karyawan, dan penampilan karyawan memiliki pengaruh terhadap keberhasilan penyampaian jasa.

 

 

 

Pembahasan terkait : 

  1. Fungsi Pemasaran
  2. 4 Variabel Marketing Mix
  3. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
  4. Komponen Strategi Pemasaran
  5. Keuntungan Pemasaran Online
  6. Kekurangan Pemasaran Online
  7. Tujuan Pemasaran Menurut Ahli
  8. 7P Menurut Kotler dan Amstrong
  9. 2 Jenis Saluran Pemasaran Online
  10. Fungsi Marketing Public Relations
  11. Strategi Marketing Public Relations
  12. Model Analisis SWOT dan Contohnya
  13. Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
  14. Pengertian Marketing Public Relations
  15. Jenis Strategi Pemasaran dan Contohnya
  16. Elemen Penting Dalam Konsep Pemasaran
  17. Konsep Strategi Pemasaran dan Contohnya
  18. Konsep Inti Pemasaran Menurut Sudaryono
  19. Proses Manajeman Pemasaran Menurut Ahli
  20. Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli
  21. Manfaat Strategi Pemasaran Bagi Perusahaan
  22. Dua Elemen Pokok Penyusun Konsep Pemasaran
  23. Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
  24. Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
  25. Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

 

 

 




How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-03-30 16:17:29.

Manajemen Pemasaran