Jenis-Jenis Media Visual yang Diproyeksikan

Jenis-Jenis Media Visual yang Diproyeksikan

Media visual yang dapat diproyeksikan pada dasarnya adalah media yang menggunakan alat proyeksi projector sehingga gambar atau tulisan nampak pada layar screen. Media proyeksi ini bisa berbentuk media proyeksi diam misalnya gambar diam still pictures dan media proyeksi gerak misalnya gambar bergerak motion pictures. Alat proyeksi tersebut membutuhkan aliran listrik dan membutuhkan ruangan tertentu yang cukup memadai.



Jenis-Jenis Media Visual yang Diproyeksikan

  • Transparansi OHP
    Yaitu merupakan alat bantu mengajar tatap muka sejati, sebab tata letak ruang kelas tetap seperti biasa, guru dapat bertatap muka dengan siswa (tanpa harus membelakangi siswa). Perangkat media transparansi meliputi perangkat lunak ( Overhead transparancy / OHT) dan perangkat keras (Overhead projector / OHP). Teknik pembuatan media transparansi, yaitu :

    1. Mengambil dari bahan cetak dengan teknik tertentu
    2. Membuat sendiri seteknik manual
  • Film bingkai / slide
    Adalah film transparan yang umumnya berukuran 35 mm dan diberi bingkai 2X2 inci. Dalam satu paket berisi beberapa film bingkai yang terpisah satu sama lain. Manfaat film bingkai hampir sama dengan transparansi OHP, hanya kualitas visual yang dihasilkan lebih bagus. Sedangkan kelemahannya adalah beaya produksi dan peralatan lebih mahal serta kurang praktis.Untuk menyajikan dibutuhkan proyektor slide.
  • Film strip Proyektor
    Film ini sama halnya dengan slide, akan tetapi tidak di potong-potong melainkan diberikan dalam gulungan satu rol, kemudian diproyeksikan dengan projector film strip.
  • Opaque Projector nama proyektor ini juga belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Kalau tiga jenis alat di atas perangkat lunaknya merupakan lembaran plastik atau film yang transparan, maka untuk opaque, perangkat lunaknya tidak tembus cahaya, seperti gambar dalam majalah, Koran, tulisan di buku dan sebagainya.

 

 

Pembahasan terkait lainnya : 

 

 



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-03-28 10:38:59.

Pendidikan