Kriteria Materi Pembelajaran Yang Baik

Kriteria Materi Pembelajaran Yang Baik

Di dunia pendidikan banyak tentang teori tentang pembelajaran. Pandangan seseorang tentang belajar akan mempengaruhi tindakannya dalam belajar atau membelajarkan orang lain dalam tingkah laku melalui proses pembelajaran. Pembelajaran merupakan suatu usaha sadar untuk membuat peserta didik belajar atau suatu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran merupakan upaya menciptakan kondisi agar terjadi kegiatan belajar (Bambang Warsita, 2008).

Menurut Oemar Hamalik (2003:54) pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri. Sedangkan pengertian pembelajaran menurut Dimyati dan Mudjiono (1994: 284) adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional yang meliputi materi, alat, metode dan sebagainya untuk membuat siswa aktif dalam mencapai tujuan peningkatan tujuan belajar.



Pengertian lain tentang pembelajaran menurut Nana Sudjana yang dikutip oleh Awaliyah Nur K, (2009: 8) pembelajaran merupakan proses interaksi belajar mengajar antara siswa dan guru yang diarahkan kepada tujuan supaya siswa dapat mencapai kompetensi sesuai yang diharapkan. Dari beberapa pendapat tentang pembelajaran di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran adalah suatu kegiatan belajar mengajar yang terencana, melibatkan interaksi antara guru dan siswa yang didukung oleh materi, alat, media, dan evaluasi untuk memberikan bantuan atau kemudahan dalam proses belajar mengajar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Adapun kriteria materi pembelajaran yang tepat untuk disajikan dalam kegiatan pembelajaran menurut Winkel (2004), yaitu :



Kriteria Materi Pembelajaran Yang Baik

  1. Materi/bahan pengajaran harus relevan terhadap tujuan instruksional yang harus dicapai.
  2. Materi/bahan pengajaran harus sesuai dengan taraf kesulitan dan kemampuan siswa dalam menerima dan mengelola bahan itu.
  3. Materi/bahan pengajaran dapat menunjang motivasi siswa, antara lain karena relevan dengan pengalaman hidup seharihari siswa.
  4. Materi/bahan pengajaran membantu mengaktifkan pikiran dan kegiatan siswa.
  5. Materi/bahan pengajaran harus sesuai dengan prosedur pengajaran yag ditentukan.
  6. Materi/bahan pengajaran harus sesuai dengan media pelajaran yang disediakan.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat dikemukakan bahwa pembelajaran adalah suatu perubahan dari peristiwa atau situasi yang dirancang sedemikian rupa dengan tujuan memberikan bantuan atau kemudahan dalam proses belajar mengajar sehingga bisa mencapai tujuan belajar. Tujuan diadakannya pembelajaran untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang harus secara keseluruhan sebagai suatu hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungannya. Perubahan tingkah laku yang dapat dihasilkan dalam pembelajaran menggambar busana adalah berupa pengetahuan intelektual, keterampilan maupun sikap ilmiah.

 

 

Pembahasan terkait lainnya : 

 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-03-26 11:12:16.

Pendidikan