Studi Kelayakan Adalah

Studi Kelayakan Adalah

Studi Kelayakan Adalah

Sutabri (2012:71), Setelah mengumpulkan dan mendokumentasikan fakta, sistem analis mengetahui apa yang sesungguhnya dilakukan oleh sistem. Selanjutnya sistem analis melakukan studi kelayakan untuk memperhitungkan apakah organisasi atau instansi dimana sistem tersebut dibuat dapat melanjutkan ke tahap berikutnya dalam proses pembangunan sistem atau tidak. Untuk melakukan hal tersebut sistem analis menggunakan kriteria utama, yaitu studi kelayakan. Yang dimaksud dengan studi kelayakan adalah proses mempelajari dan menganalisis masalah yang telah ditentukan sesuai dengan tujuan akhir yang akan dicapai.



  1. Kelayakan Teknis Sebuah masalah mempunyai kelayakan teknis, jika tim perancang sistem dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunkan hardware dan software yang tersedia, yaitu yang ada atau yang dapat dimiliki. Dengan kata lain sistem yang nanti akan diterapkan menggunakan teknologi yang lama atau menggunakan teknologi yang baru.
  2. Kelayakan Operasi Sebuah masalah mempunyai kelyakan operasi jika tim perancang sistem dapat menyelesaikan masalah dengan menggunakan personel dan prosedur yang tersedia, yaitu yang ada atau yang dapat dimiliki, dengan kata lain apakah sistem yang baru akan mengubah cara kerja dan struktur organisasi yang telah ada dan telah berjalan saat ini, sehingga dalam memeriksa aspek kelyakan operasi, sistem analis semestinya memperhitungkan reaksi perubahan sistem.
  3. Kelayakan Ekonomis Sebuah masalah mempunyai kelayakan ekonomis jika tim perancang sistem dapat menyelesaikan masalah tersebut dalam waktu dan anggaran biaya yang masuk akal, misalnya keuntungan sistem melebihi biaya penyusunan sistem. Dengan kata lain apakah sistem yang baru lebih menguntungkan dari segi ekonomi. Dibandingkan dengan mengukur kelayakan teknis dan kelayakan operasi, mengukur kelayakan ekonomis jauh lebih kompleks.

 

 

Pembahasan lainnya : 

 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-03-19 23:29:49.

Sistem Informasi