Tujuan Pengendalian Internal Menurut Ahli Hery

Tujuan Pengendalian Internal Menurut Ahli Hery

Pengendalian internal merupakan bagian yang sangat penting agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Tanpa adanya pengendalian internal, tujuan perusahaan tidak dapat tercapai secara efektif dan efisien. Semakin besar perusahaan semakin penting pula arti dari pengendalian internal dalam perusahaan tersebut (Pratiwi, 2014:12). Menurut AICPA (American Insitute of Certified Public Accountants) Pengendalian internal adalah meliputi struktur organisasi, semua metode dan ketentuan-ketentuan yang terkoordinasi yang dianut dalam perusahaan untuk melindungi harta kekayaan, yang terkoordinasi yang dianut dalam perusahaan untuk melindungi harta kekayaan, memeriksa ketelitian, dan seberapa jauh data akuntansi dapat dipercaya meningatkan efisiensi usaha dan mendorong ditaatinya kebijakan perusahaan yang telah diterapkan.



Tujuan pengendalian internal Menurut Ahli Hery

Tujuan pengendalian internal menurut Hery (2013:160) tidak lain adalah untuk memberikan jaminan yang memadai bahwa :

  1. Aset yang dimiliki oleh perusahaan telah diamankan sebagaimana mestinya dan hanya digunakan untuk kepentingan perusahaan semata, bukan untuk kepentingan individu (perorangan).
  2. Pengendalian internal diterapkan agar seluruh aset perusahaan dapat terlindungi dengan baik dari tindakan penyelewengan, pencurian, dan penyalah gunaan, yang tidak sesuai dengan wewenangnya dan kepentingan perusahaan.
  3. Informasi akuntansi perusahaan tersedia secara akurat dan dapat diandalkan. Ini dilakukan dengan cara memperkecil resiko baik atas salah saji laporan keuangan yang disengaja (kecurangan) maupun yang tidak disengaja.
  4. Karyawan telah menaati hukum dan peraturan.

 



 

 

Pembahasan lainnya : 

 

 

 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-03-17 22:50:02.

Akuntansi