Unsur Unsur Sistem Akuntansi Menurut Ahli Mulyadi

Unsur Unsur Sistem Akuntansi Menurut Ahli Mulyadi

Sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan (Mulyadi, 2016 : 3). Unsur suatu sistem akuntansi pokok terdiri dari formulir, catatan yang terdiri dari jurnal, buku besar dan buku pembantu, serta laporan.



Unsur Unsur Sistem Akuntansi Menurut Ahli Mulyadi

  1. FORMULIR

    Formulir merupakan dokumen yang digunakan untuk merekam terjadinya suatu transaksi (Mulyadi, 2016 : 3). Di dalam sistem akuntansi secara manual, media yang digunakan pertama kali dari data transaksi keuangan adalah formulir yang dibuat dari kertas / biasa disebut form. Sedangkan sistem akuntansi dengan komputer, digunakan berbagai macam media yang memiliki tujuan untuk memasukkan dan mengolah data ke dalam sistem pengolahan.

  2. JURNAL

    Jurnal merupakan catatan akuntansi pertama yang digunakan untuk mencatat, mengklasifikasikan, dan meringkas data keuangan dan data lainnya (Mulyadi, 2016 : 3). Contoh jurnal antara lain : jurnal penerimaan kas, jurnal pembelian, jurnal penjualan dan jurnal umum.

  3. BUKU BESAR

    Buku besar (general ledger) terdiri dari akun-akun yang digunakan untuk meringkas data keuangan yang telah dicatat sebelumnya dalam jurnal. Akun-akun dalam buku besar ini disediakan sesuai dengan unsur-unsur informasi yang akan disajikan dalam laporan keuangan (Mulyadi, 2016 : 4). Buku besar ini biasa digunakan untuk mencatat perubahan pada harta, ekuitas (modal), liabilitas (kewajiban), pendapatan, dan beban dalam satu periode akuntansi.

  4. BUKU PEMBANTU

    Buku pembantu merupakan buku besar yang berisi rincian dari akun tertentu yang terdapat dalam buku besar utama. Fungsi buku besar pembantu adalah merinci suatu akun yang terdapat dalam buku besar utama (Mulyadi 2016 : 4).

  5. LAPORAN

    Hasil akhir dari proses akuntansi adalah laporan. Laporan dapat berupa laporan keuangan yang terdiri dari neraca,laporan rugi laba, laporan perubahan modal, laporan harga pokok produksi, laporan biaya pemasaran, laporan harga pokok penjualan, dsb. Laporan berisi informasi yang merupakan keluaran dari sistem akuntansi.



Secara umum sistem akuntansi yang ada pada perusahaan terdiri dari 8 komponen, yaitu sebagai berikut (Mulyadi, 2016 : 11)

  • Sistem Akuntansi Pokok.
  • Sistem Akuntansi Piutang.
  • Sistem Akuntansi Utang.
  • Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan.
  • Sistem Akuntansi Biaya.
  • Sistem Akuntansi Kas.
  • Sistem Akuntansi Persediaan.
  • Sistem Akuntansi Aktiva Tetap.

 

 

Pembahasan lainnya : 

 

 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-03-16 19:18:21.

Akuntansi