Tugas Tugas Dasar dari Sistem Informasi Akuntansi Adalah

Tugas Tugas Dasar dari Sistem Informasi Akuntansi Adalah

Definisi Sistem Informasi Akuntansi menurut pendapat para ahli :

  • Menurut Moscove dalam Zaki (2013:3) “Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu komponen suatu organisasi yang mengumpulkan, menghasilkan, mongolah, menganalisa dan mongkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan kepada pihak diluar perusahaan (seperti kantor pajak, investor) dan pihak intern (terutama manajemen).”
  • Menurut James A Hall (2011:11): “Sistem Informasi Akuntansi terdiri atas catatan-catatan dan metode yang digunakan untuk memulai, mengidentifikasi, menganalisis dan mencatat transaksi organisasi untuk memperhitungkan aktiva dan kewajiban terkait.”
  • Menurut Krismiaji dalam Pandji (2010:4), Sistem Informasi Akuntansi sebuah sistem yang memproses data dan transaksi guna menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk merencanakan mengendalikan dan mengoperasikan bisnis.

Dari pendapat-pendapat tersebut dapat dijelaskan bahwa sistem informasi akuntansi adalah kumpulan dari sumber-sumber seperti orang dan peralatan yang dirancang untuk memberikan informasi data keuangan dan data lainya kepada para pembuat keputusan.



Tugas Tugas Dasar dari Sistem Informasi Akuntansi Adalah

Untuk dapat menghasilkan informasi yang diperlukan oleh para pembuat keputusan, sistem informasi akuntansi harus melaksanakan tugas-tugas sebagai berikut :

  1. Mengumpulkan transaksi dan data lain dan memasukkanya kedalam sistem.
  2. Memproses data transaksi.
  3. Menyimpan data untuk keperluan dimasa mendatang.
  4. Menghasilkan informasi yang diperlukan dengan memproduksi laporan atau memungkinkan para pemakai untuk melihat sendiri data yang tersimpan di komputer.
  5. Mengendalikan seluruh proses sedemikian rupa sehingga informasi yang dihasilkan akurat dan dapat dipercaya.



Jika dihubungkan dengan jenis-jenis sistem di atas, maka sistem informasi akuntansi merupakan jenis sistem yang relatif tertutup, karena sistem ini mengolah input menjadi output dengan memanfaatkan pengendalian intern untuk membatasi dampak lingkungan. Input sebuah sistem informasi akuntansi adalah transaksi atau kejadian ekonomi, misalnya penjualan secara tunai penjualan secara kredit, pembayaran biaya-biaya, dan sebagainya. Transaksi-transaksi tersebut selanjutnya diproses dengan mencatatnya kedalam jurnal, diposting ke rekening-rekening buku besar dan diikhtisarkan dalam berbagai macam laporan output dari sistem informasi akuntansi adalah laporan keuangan dan laporan manajemen.

 

 




 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-03-15 21:35:27.

Akuntansi