Konsep Konsep Pemasaran dan Contohnya

Konsep Konsep Pemasaran dan Contohnya

Dalam Konsep pemasaran, kunci untuk mencapai sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan pemberian kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan lebih efisien dari yang dilakukan para pesaing. Konsep pemasaran adalah suatu falsafah perusahaan yang relatif belum lama. Konsepe pemasaran telah dirumuskan dalam berbagai corak seperti “Temukan keinginan dan penuhilah”; “Buatlah apa yang dapat anda jual, bukan mencoba menjual apa yang anda buat”; dan “Kami belum puas sebelum anda puas” (G.E). Motto J.C Penney, meringkaskan sikap ini :

“Melakukan segalanya dengan sekuat tenaga kami untuk menjadikan uang konsumen penuh dengan nilai, mutu dan kepuasan”.



Konsep-Konsep Dasar Pemasaran

  1. Kebutuhan (Needs) adalah sebuah kondisi dimana kita merasa atas suatu barang tertentu dan ada sebuah dorongan untuk memenuhinya.
  2. Keinginan (Want) yaitu kebutuhan manusia yang sudah dibentuk oleh budaya kepribadian individu.
  3. Pertukaran (Permintaan) dalam konteks ilmu pemasaran adalah keinginan manusia yang didukung oleh daya beli.
  4. Produk adalah apa saja yang dapat ditawarkan kepada pasar agar dapar dibeli, digunakan atau dikonsumsi, yang dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan.
  5. Jasa merupakan perwujudan keinginan untuk memenuhi kebutuhan dalam memuaskan pelanggan.
  6. Nilai Pelanggan (Customer Value) perbandingan nilai yang didapatkan dengan biaya total pengeluaran merupakan nilai pelanggan.
  7. Kepuasan Pelanggan sejauh mana manfaat sebuah produk dirasakan sesuai dengan apa yang diharapkan pelaggan.
  8. Transaksi / Relationship Marketing yakni aktifitas menukar barang dengan uang dan sebaliknya.
  9. Pasar yakni tempat dimana dua orang atau lebih melakukan transaksi.



Konsep pemasaran merupakan falsafah perusahaan yang menyatakan bahwa keinginan pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan. Konsep pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen. Konsep menjual atau penjualan memusatkan perhatian pada kebutuhan penjual, konsep pemasaran pada kebutuhan pembeli. Dalam pelaksanaanya sering terjadi pertentangan kepentingan. Oleh karena itu kegiatan pemasaran harus dijalankan atas dasar falsafah pemikiran dari pemasaran yang bertanggung jawab.

Menurut Kotler dan Keller (2012:17), konsep pemasaran menyatakan bahwa kunci untuk meraih tujuan organisasi adalah menjadi efektif daripada pesaing dalam memadukan kegiatan pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran. Suatu perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya harus menjalankan konsep pemasaran agar keuntungan yang diharapkan dapat terealisasi dengan baik. Ini menandakan bahwa kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus dikoordinasi dan dikelola dengan cara yang lebih baik . Konsep-konsep inti pemasaran meliputi: kebutuhan, keinginan dan permintaan.



Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakan ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah bentuk kebutuhan manusia yang dibentuk oleh budaya dan kepribadian individu. Orang yang biasanya mempunyai keinginan tak terbatas tetapi sumber daya yang ada terbatas. Jadi mereka ingin memilih produk atau jasa yang paling dapat memberi nilai dan kepuasan dari uang mereka. Sedangkan Permintaan adalah keinginan manusia yang didukung oleh daya beli. Konsumen memandang produk sebagai kumpulan manfaat dan memilih produk yang akan memberi tambahan pada nilai dan kepuasan paling tinggi.

Pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses bagi perusahaan akan mengetahui adanya cara dan falsafah yang terlibat didalamnya. Falsafah konsep pemasaran bertujuan untuk memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen. Kegiatan perusahaan yang berdasar pada konsep pemasaran ini harus diarahkan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Dapat dikatakan bahwa konsep pemasaran adalah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomis dan social bagi kelangsungan hidup perusahaan.



 

Menurut Kotler dan Keller (2012:19) dalam konsep pemasaran terdapat 6 konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi, yaitu sebagai berikut :

Konsep-Konsep Pemasaran dan Contohnya

  1. Konsep Produksi (Production Concept)
    Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas mmanajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.
  2. Konsep Produk (Product Concept) Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performasi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk yang berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri-ciri terbaik.
  3. Konsep Penjualan (Selling Concept)
    Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif. Konsep penjualan dipraktikan paling agresif untuk barang-barang yang tidak dicari (unsought goods), yaitu barang-barang yang biasanya tidak terpikirkan untuk dibeli konsumen, seperti asuransi, ensiklopedia, dan peti mati. Kebanyakan perusahaan juga mempraktikan konsep penjualan ketika mengalami kelebihan kapasitas. Tujuannya adalah menjual apa yang mereka buat, alih-alih membuat apa yang diinginkan pasar.
  4. Konsep Pemasaran (Marketing Concept)
    Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing dalam menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang lebih baik kepada pasar sasaran yang dipilih.
  5. Konsep Pemasaran Sosial ( The Social Marketing Concept)
    Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
  6. Konsep Pemasaran Global (The Global Marketing Concept)
    Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. Tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.

 

 

Pembahasan terkait lainnya : 

 




How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-03-08 09:53:30.

Manajemen Pemasaran