Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Bauran Promosi

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Bauran Promosi

Menurut Michael J. Etzel dalam (Arieca, 2002) menyatakan faktor-faktor yng mempengaruhi bauran promosi adalah sebagai berikut :



Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Bauran Promosi

  • Sifat Pasar
    Faktor yang mempengaruhi bauran promosi bersifat pasaran meliputi tiga variabel, yaitu luasnya geografi pasar, tipe pelanggan, konsentrasi pasar. Jika berdasarkan luas geografis pasar, misalkan nasional dan internasional berarti promosi dapat dilakukan melalui televisi dan atau internet, karena akan lebih efektif dan efisien. Dikatakan efisien, seorang manajer pemasaran tidak usah memikirkan identitas para calon konsumennya yang terbesar di pelosok negeri dan luar negeri. Mereka (calon konsumen) akan melihat, membaca, dan mencari sendiri melalui kedua media tersebut. Dikatakan efisien, seorang manajer pemasaran tidak mengeluarkan bermacam-macam biaya untuk menjangkau para calon konsumen, cukup membayar biaya promosi di televisi dan internet saja.
  • Sifat produk
    Adapun faktor yang mempengaruhi bauran promosi bersifat produk ada tiga variabel penting, yaitu nilai unit barang, tingkat kebutuhan barang bagi konsumen, presale and postsale service.

    1. Nilai Unit Barang
      Pada umumnya barang-barang bernilai rendah akan mempergunakan periklanan, sedangkan barang-barang yang bernilai tinggi, umumnya menggunakan personal selling. Misalnya barang-barang kemudahan menggunakan periklanan, sedangkan barang-barang industri menggunakan personal selling.
    2. Tingkat kebutuhan barang bagi konsumen
      Barang-barang yang sangat dibutuhkan penyesuaian langsung dengan kebutuhan konsumen, maka dipergunakan personal selling, akan tetapi jika produk dengan standar yang menguntungkan, maka lebih efektif menggunakan personal selling.
    3. Presale and postsale servise
      Barang-barang yang memerlukan pelayanan sebelum dan sesudah melakukan penjualan, maka biasanya dipergunakan personal selling.
  • Daur hidup produk
    Strategi suatu produk akan dipengaruhi oleh tahap dasar hidup produk. Pada tahap pengenalan prosedur harus menstimulasi permintaan primer. Disamping itu perantara harus diyakinkan dengan permintaan primer. Di samping itu perantaraan harus diyakinkan dengan beberapa cara, sehingga dia benar-benar bertanggung jawab dalam membantu pemasarannya. Karena dengan periklanan konsumen, selanjutnya dengan personal selling. Promosi harus dilaksanakan secara intensif melalui bentuk promotion mix lainnya.
  • Dana yang tersedia
    Dana yang tersedia merupakan faktor yang menentukan, karena program periklanan tidak akan berhasil baik jika dana terbatas. Perusahaan-perusahaan kecil yang mempunyai dana terbatas, biasanya lebih menyukai cara personal selling, pamaren dalam ruangan tokonya atau pekerja dengan sesama perusahaan.

 

Menurut Assauri (2017:269), agar acuan atau bauran promosi (promotional mix) yang paling optimal dapat dicapai, maka perlu pertimbangan beberapa faktor, antara lain :

  1. Besarnya jumlah dana yang disediakan untuk kegiatan promosi.
  2. Luas dari pasar dan konsentrasi pasar yang ada.
  3. Jenis dan sifat dari produk yang dipasarkan.
  4. Tingkat atau tahap dari siklus usaha atau daur hidup produk (product life cycle).
  5. Tipe dan prilaku para langganan.

 

 

Pembahasan terkait lainnya : 

 

 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-03-05 09:44:21.

Manajemen Pemasaran