3 Strategi Citra Merek

3 Strategi Citra Merek

Strategi citra merek merupakan aktivitas yang terdiri dari rancangan rancangan strategi guna menciptakan, membangun, serta meningkatkan citra merek yang nantinya dapat menjadi sebuah rangsangan bagi konsumen dalam proses pembentukan persepsi nya. Menurut Janita Dewi (2005:26), pada dasarnya citra merek dibangun melalui tiga cara, yakni :



Strategi Citra Merek

  1. Feature-based
    Suatu merek dapat dinilai lebih tinggi dengan menambah fitur produk yang dapat menjadi pembangkit citra atau asosiasi dengan cara membangkitkan dan menjalin ikatan emosional dengan konsumen.
  2. User-imagery
    User-imagery digunakan jika suatu merek berkinginan untuk menciptakan citra dengan memfokuskannya terhadap pengguna dari merek tersebut. Karakteristik pengguna merek tersebut menjadi sebuah nila dari merek tersebut di mata konsumen.
  3. Iklan Kampanye
    iklan yang efektif mampu membentuk citra produk, misalnya dengan mengasosiasikan suatu merek dengan golongan konsumen tertentu atau dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat. Bahkan, iklan suatu merek tertentu dapat menjadi pembeda utama yang membuat suatu produk berbeda dengan produk lain yang sejenis.



Setelah citra merek tersebut dibangun, diperlukan strategi lain untuk mempertahankannya agar tetap berada pada posisi tersebut. Menurut Arnold (1992:18), citra merek yang kuat diperoleh dengan cara :

  1. Being different, yaitu produk harus memiliki pembeda atau keistimewaan sehingga mudah diingat dan mudah dikenal.
  2. Melibatkan slogan atau jingle di dalam aktivitas promosi.
  3. Symbol exposure, adalah tanda, logo, atau simbol yang memudahkan perusahaan untuk mengenalkan produknya.
  4. Mempertimbangkan brand extension untuk membuat merek lebih menonjol.
  5. Menggunakan tanda pengenal atau identifikasi pada sebuah produk, misalnya kemasan yang unik, atau pemilihan warna yang menarik.
  6. Recall requires untuk menciptakan tingkat citra merek yang diinginkan.

 

Pembahasan terkait lainnya : 

 




 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-03-04 01:16:11.

Manajemen Pemasaran