Pengertian Pendidikan IPS Menurut Para Ahli

Pengertian Pendidikan IPS Menurut Para Ahli

Istilah IPS di Indonesia mulai dikenal sejak tahun 1970-an sebagai hasil kesepakatan komunitas akademik dan secara formal mulai digunakan dalam sistem pendidikan nasional dalam Kurikulum 1975. Numan Somantri (2001: 44) mengemukakan batasan dan tujuan Pendidikan IPS untuk tingkat sekolah yaitu “suatu pengintegrasian disiplin ilmu-ilmu sosial, psikologi, filsafat, ideologi negara dan agama yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan”. Istilah pengintegrasian digunakan pada Pendidikan IPS tingkat pendidikan dasar dan menengah dimaksudkan untuk menunjukkan tingkat kesukaran bahan harus sesuai dengan tingkat kecerdasan dan minat siswa.



 

Pengertian Pendidikan IPS Menurut Para Ahli

  • Pengertian Pendidikan IPS menurut Supardi (2011: 182) pendidikan IPS menekankan pada ketrampilan peserta didik dalam memecahkan masalah mulai dari lingkup diri sampai pada masalah yang kompleks. Materi kajian IPS merupakan perpaduan atau integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial dan humaniora, sehingga akan lebih bermakna dan kontekstual apabila materi IPS didesain secara terpadu.
  • Pengertian Pendidikan IPS menurut (Sapriya, 2011: 7) Mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran integrasi dari mata pelajaran sejarah, geografi, dan ekonomi, serta mata pelajaran ilmu sosial lainnya.

Berdasarkan pernyataan yang telah dipaparkan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) pada jenjang SMP/MTs adalah mata pelajaran pengintegrasian dari ilmu sejarah, geografi, dan ekonomi, serta ilmu sosial lainnya. Pengintegrasian digunakan pada Pendidikan IPS tingkat pendidikan dasar dan menengah dimaksudkan untuk menunjukkan tingkat kesukaran bahan harus sesuai dengan tingkat kecerdasan dan minat siswa.

 

Pembahasan lainnya :

 



 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-02-28 12:43:50.

Pendidikan