Permintaan dan Penawaran Tenaga Kerja

Permintaan dan Penawaran Tenaga Kerja

Pasar tenaga kerja juga dibentuk oleh dua kekuatan utama yaitu penawaran tenaga kerja dan permintaan tenaga kerja. Pihak yang melakukan permintaan tenaga kerja disebut sebagai produsen. Tenaga kerja merupakan salah satu faktor produksi utama di dalam proses produksi barang dan jasa. Kekuatan dalam pasar tenaga kerja dapat dijelaskan sebagai berikut :



 

Permintaan dan Penawaran Tenaga Kerja yang Ada di Indonesia

  1. Permintaan tenaga kerja

    Permintaan tenaga kerja terjadi pada pasar input, struktur pasar input di dalamnya terdapat pasar persaingan sempurna atau tidak sempurna. Pasar persaingan sempurna maupun tidak sempurna akan mempengaruhi tingkat kesempatan kerja dan tingkat upah pasar.68 Permintaan industri terhadap tenaga kerja (industries labour demand) adalah total permintaan perusahaanperusahaan yang ada dalam industri, ini juga analogis dengan permintaan output dalam prilaku konsumen. Permintaan tenaga kerja juga dibedakan menjadi permintaan tenaga kerja dalam jangka pendek dan permintaan tenaga kerja dalam jangka panjang.

  2. Penawaran Tenaga Kerja

    Penawaran tenaga kerja merupakan hubungan antara tingkat upah dengan jumlah tenaga kerja yang ditawarkan. Dalam penawaran tenaga kerja jangka pendek, analisis penawaran tenaga kerja menganggap bahwa tidak ada perubahan jumlah populasi tenaga kerja maupun perubahan tingkat keterampilan. Tingkat penawaran tenaga kerja yang dipengaruhi oleh perubahan jumlah penduduk. Perubahan jumlah penduduk ini dapat terjadi secara alamiah melalui kelahiran dan kematian.
    Secara kuantitas, tingkat perubahan penawaran tenaga kerja akan dipengaruhi secara bersama-sama oleh perubahan jumlah pertumbuhan penduduk alamiah maupun migrasi. Sebagai pembanding, penawaran barang dan jasa pada pasar barang dipengaruhi oleh tingkat harga output, tingkat harga input seperti upah dan harga modal, teknologi, dan lain sebagainya. Jadi, besar kecilnya tingkat upah tenaga kerja akan mempengaruhi banyak sedikitnya tingkat penawaran barang dan jasa.

 

Lihat juga pembahasan terkait lainnya : 

 



 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-02-18 11:41:46.

Uncategorized