Dampak Perubahan Nilai Tukar Terhadap Utang Luar Negeri

Dampak Perubahan Nilai Tukar Terhadap Utang Luar Negeri

Kurs merupakan nilai tukar atas mata uang yang dipakai oleh suatu negara dengan negara lainnya. Kurs dapat menjadi faktor pendorong terhadap aliran FDI di negara tujuan, karena penguatan mata uang negara tujuan (negara tuan rumah) akan meningkatkan hasil investasi para investor. Sebaliknya jika mata uang negara tujuan melemah hal ini akan menurunkan hasil investasi investor (William, 2014:88).

Tingkat kurs adalah rasio dua mata uang yang diperdagangkan. Harga suatu mata uang yang dinyatakan dalam mata uang lain (Case dan Fair, 2008). Menurut Mankiw (2006:128) kurs antara dua negara adalah tingkat harga yang disepakati penduduk kedua negara untuk saling melakukan perdagangan.



Kurs itu sendiri terbagi menjadi 2 (Mankiw 2006:128) :

  • Kurs Nominal Adalah harga relatif dari mata uang dua negara. Sebagai contoh, jika kurs antara dolar AS dan yen Jepang adalah 120 yen per dolar, maka anda bisa menukar 1 dolar untuk 120 yen di pasar uang. Orang Jepang yang ingin memiliki dolar akan membayar 120 yen untuk setiap dolar yang dibelinya. Orang Amerika yang ingin memiliki yen akan mendapatkan 120 yen untuk setiap dolar ia bayar. Ketika orang-orang mengacu pada “kurs” diantara kedua negara, mereka biasanya mengartikan sebagai kurs nominal.
  • Kurs Riil Adalah harga relatif dari barang-barang di antara dua negara. Kurs riil menyatakan tingkat dimana kita bisa memperdagangkan barang-barang dari suatu negara untuk barang-barang dari negara lain. Kurs riil kadang-kadang disebut terms of trade. Sebagai contoh kita ambil mobil, anggaplah harga mobil Amerika adalah US$10.000 dan harga mobil Jepang 2.400.000 yen. Untuk membandingkan harga kedua mobil tersebut, kita harus mengubahnya menjadi mata uang umum. Jika satu dolar bernilai 120 yen, maka harga mobil Amerika adalah 1.200.000 yen. Dengan membandingkan harga mobil Amerika (1.200.000 yen) dan harga mobil Jepang (2.400.000 yen), kita menyimpulkan bahwa harga mobil Amerika adalah separuh dari harga mobil Jepang. Dengan kata lain, pada harga berlaku, kita bisa menukar 2 mobil Amerika untuk 1 mobil Jepang.



 

Nilai tukar mata uang, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat memengaruhi nilai investasi. Dengan demikian, ketika kita akan melakukan investasi, perlu diperhatikan seberapa jauh sensitivitas instrumen tersebut terhadap perubahan nilai tukar mata uang, terutama apabila kita berinvestasi pada aset yang denominasi mata uang asing.

Beberapa pihak yang memiliki paparan terhadap risiko mata uang asing umumnya akan melakukan lindung nilai (hedging) untuk meminimalkan risiko pergerakan nilai tukar tersebut.Ketika kita berinvestasi pada instrumen dengan denominasi dollar AS, nilai konversi instrumen tersebut ke dalam mata uang rupiah akan tergantung dari nilai tukar dollar AS terhadap rupiah dan sebaliknya.



Sebagai contoh, ketika investor membeli reksa dana berdenominasi dollar AS sebanyak 100 unit dengan harga 100 dollar AS, nilai tukar dollar AS terhadap rupiah adalah Rp 13.000 atau dengan kata lain investor menginvestasikan Rp 1.300.000, dalam waktu sebulan kemudian reksa dana tersebut memberikan kinerja 5 persen sehingga nilainya 105 dollar AS dan nilai tukar dollar AS/rupiah adalah Rp 13.200. Dengan demikian, nilai investasi nasabah tersebut menjadi Rp 1.386.000 (Kompas.com).

 

Kunjungi juga pembahasan terkait lainnya :

 



 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-02-17 23:59:03.

Ekonomi