Contoh Keterangan Waktu, Contoh Kalimat Keterangan Waktu

Contoh Keterangan Waktu, Contoh Kalimat Keterangan Waktu

Contoh Keterangan Waktu 

Keterangan waktu menyatakan terjadinya suatu kejadian atau peristiwa. Kata-kata yang digunakan dalam keterangan waktu berupa kemarin, besok, lusa, dan hari tertentu.

  • Keterangan Waktu Yang Ditandai Dengan preposisi Pada

Kata pada maksudnya kata yang berfungsi sebagai penanda waktu.
Pada liburan kemarin aku dan keluargaku berlibur ke Pantai Sepanjang sebelum kami berangkat ke pantai sepanjang, ibukku mempersiapkan makanan dan minuman untuk kami nikmati diperjalanan dan disana. sedangkan aku dan kakakku mempersiapkan kendaraan yang akan kami pakai. (ADM-BKP)

Frasa Pada liburan kemarin menduduki fungsi sebagai keterangan waktu yang menyatakan suatu kejadian yang berfungsi sebagai penanda waktu. Frasa tersebut dikatakan keterangan waktu karena frasa tersebut menyatakan suatu tindakan terjadi dan kapan munculnya suatu keadaan dengan ditandai preposisi pada yang menyatakan penanda waktu



  • Keterangan Waktu Yang Menggunakan Kata Pukul

Kata pukul maksudnya kata yang berfungsi sebagai penanda waktu
Bangun pada hari jum’at pagi saya amat terperanjat dikarenakan lihat jam dikamar sudah pukul 06.00 WIB. (AKWN-SKB)

Frasa pukul 06.00 WIB tersebut menduduki fungsi sebagai keterangan waktu yang menyatakan suatu kejadian. Frasa tersebut dikatakan keterangan waktu, karena frasa tersebut menunjukkan makna saat dan penunjuk waktu dengan ditandai kata pukul yang menyatakan pada waktu bangun.

  • Keterangan Waktu Yang Ditandai Dengan Kata hari

Kata hari maksudnya kata yang berfungsi sebagai penunjuk waktu dari pagi sampai pagi lagi.
Keesokan harinya kami pergi ke pantai pandhawa, kuta, tanah lot dan museum bajra sandi, serta pantai sanur. kami menikmati tengelamnya matahri dipantai kuta lalu kami menuju ke hotel dan beristirahat.(AKWNSKB)

Frasa Keesokan harinya menduduki fungsi sebagai keterangan waktu yang menyatakan suatu kejadian. Frasa tersebut di katakan keterangan waktu karena frasa tersebut menyatakan suatu tindakan terjadi dan kapan munculnya suatu keadaan dengan ditandai kata hari yang menyatakan kelanjutan hari.

Frasa menduduki sebagai keterangan waktu yang menyatakan suatu kejadian. Frasa tersebut di katakan keterangan waktu karena frasa tersebut menyatakan suatu tindakan terjadi dan kapan munculnya suatu keadaan dengan ditandai kata hari yang menyatakan waktu yang telah berlangsung.



  • Keterangan Waktu Yang Ditandai Dengan Kata tanggal

Kata tanggal maksudnya kata yang berfungsi sebagai penunjuk waktu kepada hari tertentu di dalam sistem kalender. Penanggalan memungkinkan seseorang untuk mengidentifikasikan hari tertentu.
Pada hari kamis, 29 Maret 2018 aku bangun pukul 05.00 WIB. setelah itu saya mengambil air wudhu untu sholat subuh, setelah sholat subuh aku merapikan tempat tidurku. setelah itu aku merebus air untuk mandi pagi.(DAR-K)

29 Maret 2018 menduduki fungsi sebagai keterangan waktu yang menyatakan suatu kejadian. Frasa tersebut dikatakan keterangan waktu, karena menyatakan suatu tindakan terjadi dan kapan munculnya suatu keadaan dengan ditandai kata tanggal yang menyatakan pada waktu bangun.

 



 

Mengenai keterangan menurut Chaer (2011:162) kata keterangan adalah kata kata-kata yag digunakan untuk memberi penjelasan pada kalimat atau bagian-bagian kalimat lain, yang sifatnya tidak menerangkan keadaan atau sifat. Samsuri (1985:228) menyatakan bahwa keterangan itu sebenarnya menjadi penjelas kalimat seluruhnya dan bukan hanya salah satu bagiannya saja kecuali jika keterangan itu memang merupakan suatu penjelasan bagian kalimat. Keterangan waktu yang digunakan pengarang seperti hari, detik, menit, jam, minggu, bulan, tahun. Kata keterangan waktu menurut Keraf sebagaimana dikutip oleh Rohmadi (2009:226) ialah kata keterangan yang menunjukkan atau menjelaskan berlangsungnya suatu peristiwa dalam suatu bidang waktu tertentu.

Menurut Kamus Bahasa Indonesia (2013) waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan atau keadaan berada atau berlangsung, lamanya (saat tertentu), saat yang tertentu untuk melakukan sesuatu, kesempatan, tempo, peluang, ketika, saat. Konsep waktu seharihari bisa dimulai dari dini, pagi, siang, sore/petang, magrib dan malam. Ramlan (1986:62) menyatakan bahwa penggolongan kata salah satunya adalah kata keterangan. Di sini disebut juga kata keterangan yang digunakan untuk menyatakan waktu, misalnya kata-kata kemarin, tadi, nanti, dahulu, sekarang, dan besok.



Berdasarkan Kamus Bahasa Indonesia (2013) arti dini, pagi, siang, sore/petang, magrib, malam, kemarin , tadi, nanti, dahulu, sekarang, dan besok sebagai berikut :

  1. Dini artinya pagi sekali, pagi-pagi benar antara pukul 03.00- 15.000, (2013:161)
  2. Pagi artinya pembuka hari, waktu setelah matahari terbit hingga menjelang siang hari, (2013:436)
  3. Siang artinya bagian hari yang terang yaitu dari matahari terbit sampai terbenam, waktu antara pagi dengan petang kira-kira pukul 11.00-14.00, sudah lepas pagi atau hampir tengah hari, sudah lepas tengah hari atau hampir petang, (2013:578)
  4. Sore artinya petang, (2013:592)
  5. Petang artinya waktu selepas tengah hari sekitar pukul 15.00 sampai matahari terbenam, (2013:469)
  6. Magrib artinya waktu ketika matahari terbenam, arah barat terutama dari tanah arab, (2013:381)
  7. Malam artinya waktu setelah terbenamnya matahari hingga matahari terbit, (2013:385) h. Kemarin artinya satu hari sebelum hari ini, (2013:300)
  8. Tadi artinya waktu yang belum lama berlalu, baru saja, (2013:615)
  9. Nanti artinya waktu yang akan datang, kelak, (2013:418)
  10. Dahulu artinya masa yang telah lalu atau lampau, (2013:144)
  11. Sekarang artinya saat ini, kini (2013:557)
  12. Besok artinya hari setelah hari ini, waktu yang akan datang, kelak, (2013:104)

Ramlan (dalam Markhamah 2011:5) sintaksis merupakan cabang ilmu bahasa yang membicarakan seluk beluk wacana,kalimat, kalusa, dan frase. Kemudian struktur sintaksis terdiri dari subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan (S,P,O,Pel,K).



Berhubungan dengan kajian mengenai frase keterangan waktu penelitian pernah dilakukan oleh Teodosia (2014) dan Nugroho (2003). Berdasarkan dua penelitian terdahulu masing-masing menemukan bentuk keterangan waktu yang berbeda. Teodosia menemukan keterangan waktu jiu(就, cai (才), gāng gāng (刚刚, tū ran 突然, yǐ jing(已 经)yang diterapkan dalam karangan dengan tema perjalanan. Kemudian Nugroho penanda keterangan waktu berdasarkan bentuknya dapat dibedakan yaitu keterangan waktu berbentuk kata monomorfemik dan kata polimorfemik dengan adanya afik {-e}, sufik {-ipun}, dan prefiks {se-}, serta keterangan waktu yang berbentuk kata ulang dalam kalimat tunggal Bahasa Jawa, sedangkan penelitian ini menemukan sembilan bentuk frase keterangan waktu. Frase keterangan waktu tersebut berbentuk dini, pagi, siang, sore/petang, magrib, malam, kemarin, dahulu/lampau dan nanti.

 




# tag 

contoh keterangan waktu contoh kalimat keterangan waktu contoh keterangan waktu dalam cerpen contoh keterangan waktu dan tempat fungsi administrasi perkantoran

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-01-25 22:50:35.

Uncategorized