Ciri Kreativitas Menurut Munandar

Ciri Kreativitas Menurut Munandar

Dalam menilai apakah sesorang dapat dikatakan kreatif dapat melalui ciri-ciri yang nampak salah satunya, berikut seperti yang dikatakan oleh Munandar (2014, hlm.35) yang menyatakan mengenai ciri kreativitas “biasanya anak kreatif selalu ingin selalu ingin tahu, memiliki minat yang luas, dan menyukai kegemaran dan aktivitas yang kreatif”.

Ciri Kreativitas Menurut Munandar (2014, hlm.35-36) :

  1. Tingkat energy,spontanitas, dan kepetualangan yang luar biasa sering tampak pada orang kreatif; demikian pula keinginan yang besar untuk mencoba aktivitas yang baru dan menantang.
  2. Mempunyai rasa humor yang tinggi, dapat melihat masalah dari berbagai sudut tinjau dan memiliki kemempuanbermain dengan ide konsep atau kemungkinan-kemungkinan yang dikhayalkan.
  3. Kecenderungan lebih tertarik pada hal-hal yang rumit dan misterius.
  4. Minat seni dan keindahan juga lebih kuat dari rata-rata. Walaupun tidak semua orang berbakat kreatif menjadi seniman, tetapi mereka memiliki minat yang cukup besar terhadap seni.Menurut Carl Rogers dalam Munandar (2014, hlm.34) ada tiga kondisi pribadi yang kreatif ialah :
    • Keterbukaan terhadap pengalaman.
    • Kemampuan untuk menilai situasi sesuai dengan patokan pribadi seseorang (internal locus of evaluation).
    • Kemampuan untuk bereksperimen, untuk “bermain” dengan konsep-konsep.

Selain itu Winardi dalam Yusri (2016, hlm. 25) juga menjelaskan bahwa ciri dari krativitas adalah kemampuan untuk menghubungkan ide-ide dan problem-problem yang dicapai dari banyak sumber; cenderung memiliki banyak alternatif terhadap masalah atau subjek tertentu; memiliki fleksibilitas yang tinggi dalam pemikirannya.

 




 

Lihat juga Strategi 4P dalam Pengembangan Kreativitas

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2021-10-22 10:39:51.

Pendidikan